Ini Sejarah Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati

FAKULTAS Kedokteran (FK) Universitas Malahayati mulai berdiri seiring dengan berdirinya Universitas Malahayati yang didirikan oleh Yayasan Alih Teknologi Bandar Lampung pada tanggal 27 Agustus 1993.

Pada awal berdirinya berkedudukan di Jalan Kartini Bandar Lampung (Tahun 1994) baru pada 1996 pindah ke lokasi kampus sekarang, Jalan Pramuka Nomor 27, Kemiling, Bandar Lampung. Didirikan H. Rusli Bintang yang juga merupakan pendiri Yayasan Alih Teknologi (ALTEK), sebagai wujud kepedulian dan peran aktif dalam pembangunan nasional melalui bidang pendidikan tinggi.

Berdirinya Universitas Malahayati/ Fakultas kedokteran didasari oleh keinginan luhur pendiri, bahwa pendidikan sangat diperlukan oleh masyarakat sebagai salah satu sarana pengembangan diri agar kelak mampu mempertahankan hidup dan pengembangan kehidupan dengan sebaik-baiknya.

Sampai sebelum Juni tahun 2014 Fakultas kedokteran terdiri dari 5 program studi yang telah dikelola secara mandiri oleh program studi masing – masing, sedangkan program studi kedokteran dan program studi profesi dokter langsung dikelola oleh Fakultas kedokteran.

Mengingat banyaknya prodi yang harus dikordinir oleh fakultas dan adanya tuntunan akreditasi guna untuk terlaksananya tata pamong/ tata kelola program studi kedokteran yang transparan, akuntabel, bertanggung jawab, mandiri, dan adil, maka sejak Juni 2014 pendidikan kedokteran dikelola dibawah Program Studi Kedokteran (Prodi Kedokteran) Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati.

Sampai saat ini Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati , terdiri dari 7 program studi, yakni Prodi Kedokteran, Prodi Profesi okter, Prodi Profesi Ners, Prodi Ilmu Keperawatan, Prodi DIII Keperawatan, Prodi DIV Kebidanan dan Prodi DII Kebidanan.

Visi

Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati menghasilkan lulusan dokter yang kompeten itingkat lokal, nasional dan internasional serta bermoral sesuai dengan standar kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) khususnya dibidang kedokteran Komunitas pada tahun 2017.

Misi

  1. Menyelengarakan pendidikan berbasis kompetensi sesuai dengan standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) untuk penguasaan ilmu dan teknologi Kedokteran yang didasari oleh Kedokteran Komunitas
  2. Melakasanakan penelitian berbasis komunitas untuk pengembangan ilmu dan teknologi Kedokteran
  3. Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bermoral, ber-integritas tinggi sebagai pendidikan dan Tenaga Kependidikan di bidang Kedokteran.
  4. Menggalakan pengabdian pada masayarakat dengan integritas propesional dan religius.
  5. Memperluas jaringan kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat baik di dalam maupun di luar negeri.

Tujuan

  1. Menghasilkan dokter yang menguasai Ilmu dan Teknologi Kedokteran berbasiskan Kedokteran Komunitas
  2. Menghasilkan dokter yang Visioner dan mempunyai Integritas tinggi
  3. Menghasilkan dokter yang memiliki daya saing tinggi ditingkat lokal, nasional dan internasional
  4. Memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang berkualitas.
  5. Terlaksananya kerjasama dengan berbagai Instansi Pemerintah dan swasta baik di dalam dan luar negeri
  6. Menghasilkan dokter yang beretika, berjiwa religius dan memiliki kepekaan sosial yang tinggi

Sasaran

Untuk tujuan menghasilkan dokter yang menguasai Ilmudan Teknologi kedokteran berbasiskan kedokteran komunitas :

  1. Terwujudnya pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi berdasarkan Standar K0mpetensi Dokter Inonesia (SKDI).
  2. Terlaksananya stase kepaniteraan klinik Ilmu Kesehatan Masyarakat di tahap propesi
  3. Terlaksannya kompetensi pendukung seperti Comunity Healt Oriented Program (CHOP), Comunity Reseach Programe (CRP), Geriatri, dengan skill lab yang terintegrasi dengan modul lainnya
  4. Terlaksananya pengembangan Organisasi kemahasiswaan kedokteran dan komunitas untuk tujuan Menghasilkan dokter yang Visioner dan mempunyai Integritas tinggi :

Terlaksananya kegiatan – kegiatan ilmiah yang mekibakan mahasiswa untuk tujuan menghasilkan dokter yang memiliki daya saing tinggi :

  1. Terlaksankannya pelatihannya soft skill bagi mahasiswa
  2. Terwujudnya peningkatan sarana dan prasarana labolatorium klinis yang berdasarkan Standari Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI)

Untuk tujuan memikii Sumber Daya Manusia (SDM) Pendidik  dan Tenaga Kependidikan yang berkualitas :

  1. Terlsaksanya studi lanjut bagi dosen S1 ke S2 dan dari S2 ke S3
  2. Terlaksananya pelatihan baik internal maupun eksternal bagi tenaga kependidikan

Untuk tujuan terlaksannya kerjasama dengan berbagai Intansi Permerintah dan Swasta baik i dalam dan luar negeri :

  1. Terwujudnya kemitraan engan berbagai instansi pemerintah an swasta baik di dalam maupun di luar negeri
  2. Terlaksananya kompetensi pendidikan Bahasa Inggris.

Untuk tujuan menghasilkan dokter yang memiliki etika baik an jiwa religius serta memiliki kepekaan sosial yang tinggi :

  1. Terlaksananya kegiatan – kegiatan yang bersifat keagamaan dan penyantunan anak yatim.

Tata Pamong

Program Studi Kedokteran Universitas Malahayati secara bertahap berusaha terus menetus untuk membangun suatu sistem dan oelaksanaan tata pamong yag transparan, akuntabel, bertanggung jawab, mandiri, dan adil.

Fungsi Prodi Kedokteran

Ketua Program Studi memimpin penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi :

  1. Penyelengaraan Pendidikan
  2. Penyelengaraan Penelitian
  3. Penyeennggaraan Pengabdian Masyarakat
  4. Membina Tenaga Kependidikan, Mahasiswa dan Tenaga Administrasi, termasuk hubungan antara mereka maupun dengan lingkkungan

Mahasiswa dan lulusan

Kebijakan sistem rekrutmen Mahasiswa baru Universitas Malahayati mengacu pada peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 tahun 2010 tentang Polo penerimaan Mahasiswa Baru, SK irjen DIKTI No.38/ DIKTI/Kep/2000 tentang pengaturan penerimaan Mahsiswa baru di perguruan tinggi.

Dalam proses seleksi Mahasiswa baru Universitas Malahayati harus memenuhi prinsip keadilan, transparan dan tidak eskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, suku, agam dan status sosial

Layaanan Kepada Mahasiswa :

  1. Bimbingan dan konsling
    1. Masalah akademik
    2. Non-akademik
  2. Pengembangan bakat dan minat, melalui UKM
    1. KARIM
    2. TBM
    3. INFUS
    4. MAPALA
    5. BBQ
    6. QLC
    7. LC
    8. IT
  3. Pembinaan soft skill
    1. Oleh fakultas dengan mewadahi seluruh
    2. Oleh Badan Ekseku tif Mahasiswa
    3. Oleh UKM 2 diatas
  4. Beasiswa
    1. Pemerintah daerah
    2. Yayasan
    3. DIKTI

Kurikulum

  • KURIKULUM DISUSUN BERDASARKAN SKDI 2012, SEJAK TAHUN 2008
  • PROGRAM PENDIDIKAN DIBAGI 2 TAHAP
    • KED : 7 SEMESTER
    • PROPESI : 1,5 SEMESTER (85 MINGGU)
  • KURIKULUM DISUSUN BERDASARKAN PENEKATAN STRATEGI PENDIDIKAN SPICES DENGAN METODE PBL YANG TERDIRI DARI
    • BLOK : 25 MODUL, BOBOT : 139 SKS
    • NON BLOK :  6 MATA KULIAH, BOBOT : 7 SKS
    • SKRIPSI, BOBOT : 5 SKS

TOTAL   : 151 SKS

 

PROSES PEMBELAJARAN

  1. TUTORIAL
  2. SKILL LAB
  3. PRAKTIKUM
  4. KULIAH PAKAR
  5. PLENO
  6. BELAJAR MANDIRI

METODE UJIAN S. KED

  1. UJIAN TULIS/ CBT
  2. OSCE
  3. UJIAN PRAKTIKUM

Sarana, prasarana pendidikan S.Ked :

  • Ruangan Tutorial : 36 Ruang
  • Ruangan Skill Lab : 18 Ruang
  • Ruang Praktikum Biomedik : 12 Ruang
  • Ruang Kuliah pakar : 8 Ruang
  • Ruang Perpustakaan : 5000 M2
  • Ruang Multimedia : 11 x 18 M2
  • Ruang Teleconference : 1 Ruang
  • Smart class room : 1 Ruang
  • OSCE CENTER : 3 Lokasi
  • CBT CENTER : 2 Lokasi 350 CPU

kurikulum profesi

  • Kurikulum disusun berdasarkan standar kompetemsi dengan sistem departemental (spesialistik)
  1. Departemen (SMF) : 13 SMF
  2. Public helath
  3. Bobot: 85 minggu

Beban studi pendidikan profesi

Proses pembelajaran klinik

  1. Bed side teaching
  2. Diskusi terstruktur
  3. Jurnal reading
  4. Presentasi kasus

Metode ujian profesi

  1. Proto polio (log book dan refleksi)
  2. Mini cek beradsarkan standar kompetensi masing-masing bagian
  3. DOPS (Direct observation of proceural skill)
  4. SOCA (Structured obseved clinical assesment)
  5. OSCE (objective structured clinic examination)
  6. Ujian tulis

Rumah sakit pendidikan

  1. RSUD 55 Kuningan
  2. RSUD Tasikmalaya
  3. RSUD Simatupang
  4. RSUD Pertamina Bintang amin
  5. RSUD Kabanjahe
  6. RSUD Djulham Binjai
  7. RSUD Ciamis
  8. RSUD Embung Fatimah *sedang di rencanakan menjadi penidikan utama
  9. RS Mata Medan
  10. RS Haji Medan
  11. Dinas Kesehatan kota madya binjai
  12. Dinas Kesehatan provinsi SUMUT
  13. Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung
  14. Dinas Kesehatan Kab. Kuningan

Dosen pembimbing akademik

  • Semua dosen tetap menjadi dosen pembimbing akademik
  • Tersedia buku padnduan akademik untuk dosen dan mahasiswa
  • Dosen difasilitasi perumahan dan ruangan bimbingan
  • Setiap pertemuan dosen PA-Mahasiswa di berikan honorarium
  • Dosen PA Terbaik setiap tahun di berikan reward

Pembimbing mahasiswa asrama

  • Semua dosen tinggal di asrama menjadi dosen pembimbing asrama
  • Tersedia buku panduan PMA untuk dosen dan mahasiswa
  • Kegiatan dilaksanakaan setelah sholat isya dan subuh 2x seminggu
  • Setiap pertemuan dosen PMA-Mahasiswa diberikan honorarium
  • Kegiatan PMA meliputi : etika, keagamaan, dan bimbingan keterampilan kompetensi
52 replies
  1. tri wahyu
    tri wahyu says:

    selamat siang saya lulusan SMA dari kukar thun 2013 saya mau tanya akrditasi kedokteran di universitas malahayati ini apa yahga tahun berapa dan apa lulusan 2013 masih bisa makasih atas waktunya

    Reply
  2. upi
    upi says:

    semoga selalu menjadi kampus dengan etika yg baik. walaupun banyak cibiran di luar sana tetang kampus ini, saya tidak pernah menyesal kuliah disini. krn saya di didik dengan baik. hanya saran saja bapak/ ibu yg terhormat untuk kedepannya mohon di perbaiki dari sisi menagement nya krn sayang bila kampus yg sudh memiliki fasilitas dan satf pengajar yg baik tidak di dukung dengan management yg baik juga.

    Reply
  3. Dr. HB. Junaz
    Dr. HB. Junaz says:

    Dr. HB. Junaz

    HP. 0817774740 | Email hb.junaz@gmail.com | Jl. Gondangdia Lama Dlm III/5 Menteng, Jakarta, 10330

    Jakarta, 1 Oktober 2015

    Perihal: PERLAKUAN KHUSUS UJI KOMPETENSI MAHASISWA PROGRAM PROFESI DOKTER

    Nomor : istimewa

    Lampiran: 1 (satu) berkas

    Kepada yth.,

    Panitia Portal Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter

    Dirjend Dikti Kemendiknas RI

    Di-

    Jakarta

    Dengan Hormat,

    Sehubungan dengan telah diumumkannya hasil penyelenggaraan Portal Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (PUKMPPD) dan tidak terpenuhinya kelulusan anak kami yang bernama Ibnu Abbas (No. Induk Mahasiswa 1102007137) dari FK Universitas YARSI untuk 3 (tiga) kali dimana sesuai Panduan UKMPPD Bab I. VI tentang Penjaminan Mutu halaman 28 bahwa sesuai poin:

    a. Jika ada peserta 3 kali mengalami kegagalan ujian, akan diberi peringatan khusus pada mahasiswa dan institusi yang bersangkutan.

    b. Bagi kandidat yang tidak lulus uji kompetensi sampai dengan batas masa studi profesi berakhir akan dirapatkan di Panitia Pengarah

    Untuk maksud tersebut mohon kiranya dapat ditindaklanjuti agar dapat diberikan perlakuan khusus kepada anak kami di lingkungan Panitia PUKMPPD DIKTI KEMENDIKNAS RI, agar mendapat kepastian pendidikan yang dirasa hingga saat ini pembinaan yang ada belum berdampak kepada pada peningkatan hasil yang signifikan terhadap uji kompetensi mahasiswa yang ada.

    Demikianlah permohonan ini kami ajukan, atas perhatiannya dan kepedulian terhadap masa depan kelulusan anak kami diucapkan terima kasih.

    Hormat Kami,

    Dr. HB. Junaz

    Tembusan:

    1. Prof. Dr. I. O. Marsis SpOG (K), Panitia Pengarah PUKMPPD

    2. Dr. Mahesa Pranadipa MH., Panitia Pengarah PUKMPPD

    3. Prof. Dr. Mardi Santoso, DTM&H, SpPD-KEMD, FINASIM, Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Swasta Indonesia (AFKSI)

    4. Prof. Dr. Hj. Qomariyah, RS. MS. PKK. AIFM, Senat Universitas YARSI

    5. Dekanat FK Universitas YARSI

    Dr. HB. Junaz

    Address: Jl. Gondangdia Lama Dlm III/5 Menteng, Jakarta 10330

    HP. 0817774740

    E-mail: hb.junaz@gmail.com

    Telp. 021-3155122; Fax 021-3901883

    Bil la hitaufiq wal hidayah,

    Wa Salamu’alaukm Rohmatullahi Wa Barokatuh

    Reply
  4. dimas
    dimas says:

    Malahayati sudah menjadi salah satu kampus ternama. Pilihan yang sangat baik jika ingin menjadi dokter yang baik untuk masyarakat Indonesia.

    Reply
  5. gefin
    gefin says:

    bisa tidak anak ips seperti saya masuk kedokteran di universitas ini saya ingin sekali menjadi dokter
    plisss tolong bantuan nya

    Reply
  6. Ayu Kartika
    Ayu Kartika says:

    Saya ayu kartika, Bidan lulusan D4 pendidik di salah satu stikes swasta dijakarta, saya berminat melanjutkan s2 di malahayati, mohon info tentang biaya per semester, trimakasih

    Reply
  7. shaleholic
    shaleholic says:

    Penjelasan yang singkat namun cukup membantu, terima kasih, smoga bisa jadi pilihan nantinya – shaleholic

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *