Kenapa Lulusan SMA Harus Masuk FKM Universitas Malahayati?

ILMU  Kesehatan Masyarakat beberapa tahun kedepan, akan banyak berinteraksi dengan masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan melalui pendekatan administrasi dan kebijakan kesehatan, promosi kesehatan, epidemiologi, gizi kesehatan masyarakat, kesehatan lingkungan, kesehatan dan keselamatan kerja, dan kesehatan reproduksi.

Menurut Wakil Dekan FKM  Lolita Sary, M.Kes, inilah yang menjadi passion generasi muda saat ini yaitu mampu memberikan kontribusi dan karya untuk masyarakat, bangsa dan Negara Indonesia melalui perannya di Kesehatan.

“FKM sangat cocok dijadikan sebagai referensi, calon mahasiswa yang baru menyelsaikan sekolah menengah untuk lanjut pendidikan,” kata wanita kelahiran Duri, Riau, 30 Januari 1980.

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Malahayati Bandar Lampung terus melakukan proses belajar mengajar untuk menjadi tenaga kesehatan masyarakat yang unggul, berkarakter, religious dan  berkompeten serta mampu bersaing di dunia kerja didukung dengan prasarana dan sarana belajar yang baik.

“FKM Universitas Malahayati juga mengunakan metode dan media pembelajaran yang canggih seperti menggunakan Learning Management System, dengan tidak mengabaikan pertemuan tatap muka di kelas, laboratorium dan perpustakaan,” kata dia.

Tidak hanya itu, saat ini, FKM Universitas Malahayati juga sudah memiliki laboratorium komunitas dan laboratorium vector.

Selain proses belajar mengajar di dalam ruangan, FKM Universitas Malahayati juga menerapkan proses belajar mengajar  di luar ruangan seperti penggunaan lahan praktik baik lokal, regional dan luar negeri. Penggunaan lahan praktik lokal, FKM melakukan Praktik Belajar Lapangan dan KKL-PPM di beberapa Kabupaten di Propinsi Lampung, kegiatan field trip dilakukan di beberapa Propinsi di Indonesia.

“Selain didalam negeri, inbound juga digelar diluar negeri, bekerjasama dengan Universiti Putra Malaysia, Fakulti Perubatan dan Ilmu Kesihatan. Kegiatan inbound sendiri setiap tahunnya mengalami pertukaran tempat, tahun ini di Lampung (Indonesia) dan tahun berikutnya di Malaysia,” jelas dia.

Tenaga pengajar di FKM Universitas Malahayati minimal tingkat pendidikan Magister (S2, Doktor (S3) dan Guru Besar (Profesor) yang cukup berpengalaman dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian. Beberapa waktu FKM mengundang pakar/ahli untuk memberikan kuliah dan seminar kesehatan masyarakat baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × five =