Lulusan FKM Unimal Cepat Dapat Kerja

Delapan puluh persen lulusan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Malahayati (Unimal), langsung mendapatkan kerja. Mengapa hal ini dapat terjadi, seperti apa keistimewaan FKM Unimal?

Menurut Wakil Dekan FKM Unimal Lolita Sary, M.Kes, delapan puluh persen lulusan fakultasnya cepat mendapatkan kerja setelah wisuda, tak lepas kualitas SDM mahasiswa maupun dosen yang mengajar.

“Alumni FKM Universitas Malahayati memiliki daya serap tinggi didunia kerja. Dosen berpengalaman, dan media pengajaran yang canggih seperti menggunakan Learning Management System dengan tidak mengabaikan pertemuan tatap muka di kelas, laboratorium dan perpustakaan, selalu diterapkan FKM Unimal,” kata dia dalam rilis yang diterima malahayati.ac.id.

Selain proses belajar mengajar di dalam ruangan, FKM Unimal juga menerapkan proses belajar mengajar  diluar ruangan seperti penggunaan lahan praktik baik lokal, regional dan luar negeri.

“Penggunaan lahan praktik lokal, FKM melakukan Praktik Belajar Lapangan dan KKL-PPM di beberapa Kabupaten di Propinsi Lampung, kegiatan field trip dilakukan di beberapa Provinsi di Indonesia dan bisa juga di beberapa Negara sedangkan kegiatan Inbound saat ini  bekerjasama dengan Universiti Putra Malaysia, Fakulti Perubatan dan Ilmu Kesihatan,” jelas wanita kelahiran Duri Riau ini.

Tenaga pengajar di FKM Unimal minimal tingkat pendidikan Magister (S2, Doktor (S3) dan Guru Besar (Profesor) yang cukup berpengalaman dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian.”Beberapa waktu FKM mengundang pakar/ahli untuk memberikan kuliah dan seminar kesehatan masyarakat baik dari dalam negeri maupun luar negeri,” kata dia.

Sebagian besar alumni sudah bekerja pada instansi pemerintah seperti Dinas Kesehatan, Puskesmas, Kesehatan Pelabuhan. Banyak juga alumni yang berkiprah di BUMN, perusahaan Swasta, Bank Swasta dan  Institusi Pendidikan Kesehatan Swasta.

“Dari jumlah lulusan FKM Universitas Malahayati, beberapa alumni menduduki jabatan-jabatan penting baik di pemerintahan maupun di swasta,” kata dia.

Tingginya daya serap alumni FKM di dunia kerja tidak lepas dari peran Universitas Malahayati melalui  wadah “Malahayati Career Centre” dimana para alumni bisa mengikuti berbagai pelatihan dalam meningkatkan soft skill dan hard skill serta mendapatkan informasi dan proses recruitment terkini mengenai peluang kerja/karier dari perusahaan-perusahaan ternama di Indonesia.

“FKM Unimal juga memiliki Ikatan Alumni yang bernama “IKAMAL”. Salah satu peran ikatan alumni ini adalah membantu memperluas jaringan kerjasama baik dengan stakeholder maupun dengan shareholder dalam memenuhi dan menfasilitasi mahasiswa dan alumni untuk memenuhi peluang kerja,” tegasnya.

Hingga saat ini jumlah alumni dari program studi S1 berjumlah ± 735 alumni dan program studi S2 berjumlah ± 220 alumni. Sedangkan mahasiswa aktif saat ini berjumlah ± 170 mahasiswa S1 dan ± 222 mahasiswa S2.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 2 =