Dainty di Koran Lampost: Nutrisi untuk Tingkatkan Daya Otak

KETUA Program Studi (Prodi) Kebidanan Universitas Malahayati Dainty Maternity mengatakan ibu hamil harus memakan makanan yang bergizi dan lengkap. Nutrisi yang baik mengandung seluruh komponen yang dibutuhkan secara seimbang, di antaranya buah-buahan untuk meningkatkan daya otak serta susu, keju, dan daging untuk mempertajam pikiran.

Dia menjelaskan beberapa jenis buah yang bisa meningkatkan daya otak yaitu apel yang kaya dengan antioksidan dan dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan radikal bebas pada lapisan luar neuron.

Alpukat juga penuh dengan vitamin, mineral, dan antioksidan. Alpukat merupakan sumber omega 3, vitamin E, potasium, dan banyak lagi yang membantu fungsi otak yang tepat serta meningkatkan aliran darah ke otak. “Ibu hamil juga bagus makan pisang, anggur, dan jeruk,” kata Dainty.

Menurut Perpustakaan Nasional Amerika Serikat Kedokteran dan Linus Pauling Institute, kandungan dalam jeruk dapat meningkatkan kognisi dan memori, terutama untuk usia lanjut. Selain itu, kembang kol dan brokoli mengandung vitamin K dan kolin yang dapat memberdayakan lobus frontal.

Menurut Dainty, sumber nutrisi lain yang penting untuk ibu hamil adalah susu, yoghurt, dan keju. Asam lemak esensial dalam keju efektif mempertajam pikiran, sedangkan asam amino dalam yoghurt yang disebut tirosin membantu menghasilkan neurotransmitter seperti noradrenalin dan dopamin. “Dengan mengonsumsi yoghurt secara teratur, seseorang dapat fokus dan meningkatkan kewaspadaan mental,” kata dia.

Selain itu, ibu hamil juga harus mengonsumsi ayam, ikan, daging, salmon, dan daging sapi tanpa lemak sebagai sumber protein hewani.(*1/S1)
Sumber: Lampost.co
Laporan: rudiyansyah@lampost.co.id

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + fifteen =