Menelisik Prodi Keperawatan Universitas Malahayati

PROGRAM Studi (Prodi) Keperawatan, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Malahayati (Unimal), didirikan sebagai upaya mendidik dan meningkatkan peran serta masyarakat, keluarga dan pasien untuk meningkatkan derajat kesehatannya.

Berdasarkan Izin penyelenggaraan program studi no 4470/D/T/2004 dialjutkan dengan Izin penyelenggaraan program pendidikan profesi ners 267/D/D/2008,  Surat  Keputusan BAN-PT no 488/SK/BAN-PT/Akred/PN/XII/2014 tentang nilai dan peringkat akreditasi program studi keperawatan  dan program studi ners. Dengan nilai B (304 dan 307). SK pendirian  Akper  no 2757/D/T/K-II/2009/ (perpanjangan), izin pendirian Akper dimulai sejak tahun 2000. memberikan ijin penyelenggaraan Program Studi Akademi keperawatan pada Universitas Malahayati.

Visi

“Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Malahayati menghasilkan lulusan Ners (Ns) yang berakhlak mulia, dan mampu bersaing serta kompeten dalam memberikan asuhan keperawatan, secara komprehensif khususnya pada pasien dengan kegawat-daruratan, dalam tatanan keluarga dan komunitas sesuai dengan standar kompetensi perawat nasional dan regional pada tahun 2018”

Misi

Menghasilkan lulusan Ners yang kompeten, baik secara kognitif, afektif dan psikomotor dalam memberikan asuhan keperawatan kepada pasien, khususnya pada pasien dengan kegawat-daruratan dalam tatanan keluarga dan masyarakat.

Menghasilkan lulusan Ners yang kompeten dalam melakukan penelitian guna mencari solusi masalah-masalah kesehatan/keperawatan khususnya pada pasien dengan kegawat-daruratan dalam tatanan keluarga dan masyarakat.

Menghasilkan lulusan Ners yang kompeten dan peka terhadap permasalahan sosial dan kesehatan khususnya pada permasalahan pasien dengan kegawat-daruratan dalam tatanan yang ada di keluarga dan masyarakat.

Memperluas jaringan kerja sama baik institusi pemerintah maupun swasta secara nasional dan regional dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan serta memperkenalkan calon lulusan pada dunia kerja.

Mengembangkan kurikulum dan sumber pembelajaran keperawatan yang berbasis kompetensi, khususnya pada keperawatan kegawat-daruratan dalam tatanan keluarga dan komunitas sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Menurut Ketua Prodi Ilmu Keperawatan Andoko, S.Kep.,Ns.,M.Kes, usaha yang telah dilakukan Prodi Keperawatan dalam mensosialisasikan visi misi cukup berhasil, ini terlihat dari hasil audit oleh Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) Universitas yang dilakukan pada tahun 2012.

“Dari hasil audit yang tertuang pada berita acara audit oleh LPMI (Lembaga Penjamin Mutu Internal) Universitas Malahayati No. 104.80.408.07.12 terlihat bahwa tingkat efektifitas tentang pemahaman visi misi mendapatkan nilai 2.0 (rentang nilai 1-4). Hasil ini memberikan gambaran kepada Prodi Keperawatan (Ners) FK Universitas Malahayati untuk terus melakukan peningkatan sosialisasi visi misi Prodi Keperawatan kepada seluruh civitas akademika,” jelas dia kepada malahayati.ac.id

Tujuan Program Studi Prodi ilmu keperawatan

Memiliki kompetensi yang handal secara kognitif, afektif dan psikomotor untuk dapat memecahkan permasalahan kesehatan/keperawatan yang ada pada pasien, khususnya permasalahan yang ada di keluarga dan masyarakat.

Memiliki kompetensi dalam melakukan penelitian untuk memecahkan permasalahan kesehatan/keperawatan yang ada pada pasien, khususnya pada kasus-kasus di keluarga dan masyarakat.

Memiliki kompetensi untuk dapat melakukan pengabdian masyarakat sehingga memiliki kepekaan sosial yang tinggi dalam menangani permasalahan-permasalahan pasien dalam konteks keluarga dan masyarakat.

Beriman, bertaqwa, bermoral dan beretika profesi sebagai seorang perawat profesional. Bersifat terbuka dan tanggap terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi.

Mampu mencermati dinamika perubahan yang terjadi di masyarakat dengan lebih mengedepankan pelayanan keperawatan keluarga dan komunitas secara komprehensif. Mampu mengenali dan menganalisis masalah kesehatan secara tepat, serta bersama masyarakat, keluarga dan pasien melakukan upaya pemecahan masalah []

 

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *