Seperti Ini Akademik di Prodi Keperawatan Malahayati

BEBERAPA hal dilakukan program studi (prodi) Keperawatan, Universitas Malahayati (Unimal), dalam menjalankan tridarma Perguruan Tinggi dengan baik. “Sehingga visi keperawatan dapat tercapai ditahun 2018 mendatang,” kata Handoko S.Kep Ns M.Kes kepada malahayati.ac.id, Selasa 27 Mei 2015.

Handoko menjelaskan, dalam memberikan pendidikan yang kredibel, setiap awal semester prodi akan menetapkan mata ajar  dengan bimbingan dosen berpendidikan minimal satu level diatas mahasiswa, semua dosen minimal S2.  Dalam perekrutan dosen diambil yang sudah berpengalaman.

“Dosen harus memiliki pengalaman dari lahan klinik seperti  RS, RSJ dan Puskesmas  minimal 10 tahun.  Ini tertuang dalam SK Ka Prodi No. 1019.44.02.401.07.11 Tentang Syarat & Kreteria Dosen Pengampu mata ajar,” katanya.

Proses pembelajaran yang disusun dengan baik sejak perencanaan hingga dilakukan monitoring oleh tim SPMI di tingkat Fakultas dan Universitas, hal ini terlihat dari berita acara audit mutu internal yang dilakukan oleh SPMI pada tahun 2012 menunjukkan bahwa 100% mata ajar telah dilengkapi dengan RPKPS.

“Hampir 100% dosen telah mengumpulkan SAP tetap waktu walaupun Indeks prestasi dosen (IP Dosen) hasil penilaian dari mahasiswa masih banyak yang nilainya di bawah 2.75  (30 %),” ujarnya.

Prodi Keperawatan pun terus melakukan proses pendidikan yang transparan dalam setiap proses pembejalaran,  agar terciptanya civitas akademik yang berkualitas. Prinsip transparansi mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasinya atau proses pemberian nilai, diterapkan prodi.

“Hal ini dilakukan agar siapa saja termasuk mahasiswa memberikan feed back terhadap proses yang prodi lakukan. Semuanya dapat diakses di web Universitas Malahayati pada bagian prodi Keperawatan,” tegasnya.

Pendidikan yang akuntabel dalam melaksanakan pendidikan, dimulai dengan prodi mengusulkan jumlah dosen dan dana yang akan digunakan dalam satu tahun akademik. Dalam proses pendidikan, prodi mengawal agar sesuai dengan rencana, baik kehadiran dosen ataupun mahasiswa agar sesuai dengan rencana kegiatan yang dibuat pada setiap tahunnya.

“Jumlah tatap muka atau pertemuan dosen dalam setiap  amata ajar harus 16 kali dalam setiap semester, terdiri 14 tatap muka perkuliahan, 2 pertemuan untuk jadwal ujian tengah semester/UTS dan UAS,  jika dosen belum memenuhi kewajibannya, maka mahasiswa dapat meminta kepada dosen untuk mengganti/memenuhi tatap mukanya. Kaprodi bertugas untuk merekap pertemuan dosen setiap bulan dari Pusat Pelayanan Pendidikan Terpadu (P3T),” katanya.

Sesuai dengan SK Kaprodi Keperawatan SK Ka Prodi No. 1018.44.02.401.07.11tentang mekanisme penggantian dosen. Jika sudah 3 kali berturut-turut dosen tidak hadir dengan alasan yang tidak jelas, maka kaprodi berhak melakukan pergantian dosen.

Pemantauan atau monitoring proses pembelajaran dapat dilakukan oleh Ka-Prodi  dan SPMI kapan saja melalui ruang monitoring CCTV yang ada di lantai 5 sebelah ruang Lembaga Penjamin Mutu Internal (LPMI). “Dengan fasilitas ini, prodi dapat melakukan monitoring tidak hanya kehadiran dosen, tapi juga dapat memantau isi dari proses pembelajaran,” ujarnya.

Pendidikan yang bertanggung jawab, prodi dalam melaksanakan proses Akademik bertanggung jawab terhadap mutu pendidikan yang diajarkan hingga dapat menghasilkan lulusan yang berkuialitas.

“Kurikulum yang digunakan Prodi Keperawatan sesuai dengan permintaan oleh organisasi profesi (PPNI) dan AIPNI, yang mengacu pada delapan kompetensi utama Ners Indonesia,” katanya.

Dalam melaksanakan kegiatan akademik prodi tidak membeda-bedakan siapa pun, adil dalam proses penilaian, adil dalam memberikan reward dan sanksi baik kepada dosen ataupun kepada mahasiswa.

“Semua peraturan tentang reward dan sanksi bagi mahasiswa dan dosen tercantum dalam buku kode etika Universitas Malahayati Bandar Lampung dan telah di sahkan melalui SK Rektor No 1157.10.401.08.12,” katanya.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 10 =