Nowo Hadiyanto, S.Sos; Etos Kerja dan Dedikasi Pustakawan

BERKACAMATA minus, selalu tersenyum, jika bicara terasa akrab dan ramah. Dialah Nowo Hadiyanto S,SOS; Wakil Kepala UPT Perpustakaan Universitas Malahayati.

Nowo, begitu sapaan akrabnya. Ia memang seorang pustakawan. Menimba ilmu seluk beluk perpustakaan di Diploma Tiga (D3) Unila Jurusan Perpustakaan Dokumentasi dan Informasi.

Setelah lulus dia melanjutkan ke jenjang pendidikan di Universitas Saburai untuk Strata Satu (S1) Jurusan Administrasi Negara dengan gelar S.Sos.

Tak mudah bagi Nowo meraih sarjananya itu. “Saya sempat menjadi tukang parkir setelah lulus D3 demi mengumpulkan biaya untuk melanjutkan S1,” Nowo kepada malahayati.ac.id di ruang redaksi malahayati.ac.id di kompleks Kabara, Universitas Malahayati, Bandarlampung, Rabu 27 Mei 2015.

Lalu, Nowo bergabung dengan Universitas Malahayati pada  2009 dan ditempatkan di Perpustakaan sebagai Staff Pengolahan Bahan Pustaka dan di percaya sebagai Kepala UPT Perpustakaan pada tahun 2011-2013 .

Sebagai Waka UPT Perpustakaan Malahayati, Nowo mengemban tugas yang cukup menantang. Ia bertanggungjawab di Bidang Pengembangan, baik dalam pegembangan perpustakan, koleksi, bahan pustaka dan perpustakaan digital.

“Perpustakaan sekarang bukan hanya sebagai penyimpanan buku cetak namun harus di lengkapi dengan komputer sebagai resources digital,” katanya.

Selain mengurus perpustakaan, ia juga terkadang diperbantukan sebagai ketua panitia pengadaan di HPEQ (Health Project Education Quality) pada tahun 2013-2014 dalam pengadaan buku perpustakaan dan alat –alat kesehatan untuk lab.

Nowo memakai batik berwarna coklat cerah saat menerima malahayati.ac.id. Di jari manisnya tersemat cincin batu akik berwarna hijau. Nowo selain kutu buku juga penggemar batu akik.

Sebagai pustakawan dan staff perpustakaan, dia adalah orang yang memegang erat etos kerja di kehidupannya. “Di kantor atau di rumah sama saja. Pikiran saya masih soal bagaimana cara mengembangkan perpustakaan ini, dan itu adalah bentuk dedikasi dan tanggung jawab saya pada pekerjaan yang saya jalani,” katanya. []

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × two =