Cara Keperawatan Malahayati Hadapi MEA

DENGAN adanya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Prodi keperawatan Universitas Malahayati memiliki manufer agar lulusannya mampu bersaing di pasar asean. Sebab nantinya seluruh perawat negara yang tergabung dalam mea akan dengan mudah masuk ke indonesia, termasuk Lampung.

Menurut Kepala Prodi Keperawatan Andoko, S.Kep, Ns, M.Kep, salah satu persiapan yang dilakukan seperti melengkapi fasilitas laboratorium, perpustakaan dan lainnya sehingga lulusan siap menghadapi MEA, tahun 2015.
Dengan meningkatkan keterampilan ataupun skill untuk mempersiapkan adanya kompetisi keperawatan asing.

Meningkatkan keahlian-keahlian kompetensi dengan mengadakan pelatihan-pelatihan ketrampilan. Melaksanakan study banding kerumah sakit internasional ataupun nasional, sehingga perawat Malahayati menjadi terpapar terhadap skill dan ilmu keperawatan. Bimbingan uji kompetensi yang intens sehinnga kelulusan semaik meningkat.

“Dengan cara-cara tersebut diharapkan kompetisi pada MEA akan terjawab dengan mudah dan perawat malahayati akan siap menyongsong dan menjalankan MEA. Para Ners (perawat) yang telah lulus diharapkan mampu mempersiapkan diri untuk menghadapi MEA,” kata dia.

Menurutnya, kunci dalam menghadapi MEA adalah daya saing dan untuk itu pendidikan dikeperawatan Malahayati siap mengantarkan para Ners menjadi tenaga kesehatan yang profesional.

“Ciri tersebut yang akan menjadi daya jual atau daya saing prodi keperawatan yang membedakan dengan lulusan sekolah kesehatan lainnya,” ujarnya.

Banyak para alumni Keperawatan Malahayati mengembangkan karirnya, ada yang mengambil S1 dan tidak sedikit pula mengembangkan ilmunya dengan bekerja di rumah-rumah sakit, klinik dan lainnya yang ada di Lampung.
Akan tetapi untuk menyambut dan menanggapi MEA prodi Keperewatan malahayati mempunyai manufer-manufer tertentu guna mempersiapkan mahasiswanya agar mampu bersaing di regional asia tengara.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *