Mahasiswa FKM Sulap Sampah Jadi Pot Bunga

Siswa-siswi SDIT Al-Karim Kemiling, Bandar Lampung, Kamis 28 Mei 2015, tampak semangat menyerukan yel-yel. Mereka antusias belajar bagaimana caranya menyulap sampah menjadi mainan dan pot bunga.

Sebelum membuat bermacam-macam barang daur ulang, terlebih  dahulu diperkenalkan materi tentang jenis-jenis sampah. Baik sampah organik maupun non organik dan mengapa limbah perlu untuk didaur ulang dan dimanfaatkan.

Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Malahayati yang tengah menempuh semester 2 dan 4 ini mengadakan kegiatan penyuluhan dalam rangka melatih kemampuan  agar siap terjun di masyarakat dan menjadi penyuluh yang andal. Kegiatan ini didampingi oleh Dina Dwi Nuryani M. Kes, Christin AF M. Kes, Dhiny Easter, M. Kes.

Setumpuk kertas koran, kardus, kaleng dan botol bekas yang dibawa oleh masing-masing siswa dengan cekatan dibuat menjadi benda-benda yang berguna kembali. Kaleng dan botol bekas dijadikan pot tanaman hias yang di gantung taman sekolah. Koran dan kardus bekas dijadikan bingkai foto dan mainan.

Sekolah ini memang pas dijadikan tempat kegiatan penyuluhan karena sekolah ini berbasis alam dan juga mencintai lingkungan. “Sangat cocok dengan materi dan ekspektasi kami untuk hasil dari penyuluhan ini,” kata Christin.

Anak-anak yang sedang mengenyam pendidikan dasar memang harus diberi pengarahan betapa pentingnya kebersihan lingkungan dan bagaimana cara menanggulangi sampah, sehingga diharapkan nantinya akan terbentuk karakter yang baik dan cinta lingkungan. Karena itu penyuluhan ini ditujukan untuk anak kelas 1 SD. []

3 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 9 =