Harapan & Motivasi

Bekerja atau apapun yang kita lakukan  merupakan pekerjaan hati, dan selanjutnya bahasa hati adalah  bahasa kasih sayang, atau cinta kasih, kelembutan, ketulusan, kesabaran, ketenangan, kearifan, kebijaksanaan dan lain-lain.

Ketika kita mampu  mengemas  bahasa hati tersebut didalam  hati kita, berhubungan/bersosialisasi dengan  rekan kita secara langsung pun akan mendapat  respon  positif  yang akan kita terima pada saat itu, tanpa kita sadari, kita menjadi  medan  magnet  bagi mereka..

Ketika kata-kata positif  yang  kita sampaikan  kepada orang lain akan  memiliki kekuatan  positif, dan dapat  membuat seseorang menjadi termotivasi, semangat serta optimis, maka kita telah membuat seseorang  tersebut menjadi senang. Sementara ketika kita melontarkan  kata-kata negatif maka  kata-kata tersebut berpotensi melemahkan, dan membuat seseorang menjadi putus asa, kecewa , sedih, kurang bersemangat,  dan membelenggu kreatifitas, dan jelas secara tidak langsung kita telah  membuat orang tersebut terbelenggu.

Ketika kita mengucapkan  kata “ Saya tidak bisa”,  perasaan apa yang kita rasakan ? tentu pastinya ada perasaan  tidak  nyaman. Bukan karena  tidak bisa, akan tetapi kalimat tersebut  akan  membelenggu potensi yang ada pada diri kita, hal ini secara otomatis akan  mempengaruhi sikap pasif dan kurang berenergi pada diri kita, bila hal ini kita lakukan berulang – ulang dalam kurun waktu yang lama , maka otomatis pula potensi kita akan selalu  terpendam  selama  kurun  waktu  tersebut berjalan , dan menjadikan keyakinan yang menghambat.

Coba kita bandingkan dengan  kata positif  berikut “ Saya yakin bisa” atau “Saya bisa melakukanya” apa yang akan kita rasakan? Pasti ada perasaan optimis, yakin dan ingin mencoba  karena ada energi, ketika  hal ini dilakukan dengan berulang kali , maka energi tersebut semakin besar dan secara otomatis otak kita akan bekerja dan mencari jalan nya sendiri

Kata kata yang kita gunakan  mempengaruhi kerangka fikiran dan Kondisi emosional yang kita rasakan. Penggunaan kata–kata yang tepat dan positif akan memicu motivasi dan perasaan untuk bertindak (Adam Khoo)

 Memang menyenangkan ketika inspirasi bisa selalu datang dari hal-hal terkecil di sekitar kita dan kita selalu dan selalu terus produktif.

Namun ada kalanya kita terkadang  tidak mood melakukan apapun juga, padahal kita membutuhkan dan harus memenuhi apa yang menjadi kebutuhan kita, kita butuh cita-cita, ilmu,  kita butuh teman dekat, bahkan kita tidak munafik kitapun juga butuh materi untuk mengisi kantong kita.serta butuh motivasi untuk mengerjakan tugas atau membuat sebuah karya.

Berikut adalah beberapa  tips yang saya ambil dari berbagai sumber untuk menumbuhkan motivasi kita meskipun kita sedang tidak mood atau kehilangan inspirasi. Dan semoga bermanfaat :

  1. Rancang visimu

Salah satu alasan terbesar mengapa kita kehilangan motivasi adalah kita kehilangan hubungan dengan visi kita. Khususnya visi mengenai apa yang kita ingin capai.

Tentukan apa yang ingin kita capai, ciptakan alasan kita bisa mengerjakannya serajin mungkin, buatlah goal.

  1. Mengapa

Ketika kita kehilangan motivasi, kita sering tidak menemukan alasan mengapa harus melakukan apa yang biasanya/ingin kita lakukan. Cobalah untuk menciptakan alasan yang diperuntukkan bagi orang lain. Membantu orang lain adalah proses yang berkesinambungan dan membuatmu terus mencari cara-cara baru menyediakan solusi bagi masalah tertentu.

  1. Buat deadline.

Berikan dirimu sendiri batas waktu untuk menyelesaikan sesuatu. Kerjakan sebanyak mungkin dalam jangka waktu tertentu. Dan lihatlah apa yang bisa kita capai dalam keadaan “kepepet.”

  1. Beristirahat.

Terkadang kehilangan motivasi tanda bahwa kita harus mengambil waktu istirahat. Bangkitlah dari depan komputer, pekerjaan rumah, pergilah keluar dan menghirup udara segar dengan segera.dengan demikian oksigen akan mengalir kembali ke otak kita sehingga energi dan nutrisi untuk berfikir kembali terkumpulkan.

Perhatikan sekelilingmu, cobalah untuk menghargai setiap hal kecil, mengobrol dengan teman, tetangga,  dengan sahabat . Beristirahat akan memberimu energi serta inspirasi baru. Bahkan kita masih teringat dengan lantunan lagu Ebiet, jikalau perlu marilah kita “ tanya pada rumput yang bergoyang.

  1. Lakukan pekerjaan yang kita cintai

Terkadang apa yang harus kita lakukan bukanlah apa yang kita cintai. Jika kita merasa hampa mengerjakan sesuatu, buatlah rencana untuk meninggalkannya. Tidak ada gunanya melakukan hal yang tidak kita cintai sendiri.

Kerjakan apa yang paling membuat kita merasa senang melakukannya. Carilah cara agar kecintaan kita itu dapat membantu orang lain juga cinta.

“jika kita tidak suka dengan apa yang terjadi dalam hidup ini, kita hanya perlu merubah kesadaran (fikiran atau perasaan )kita, maka dunia akan berubah untuk kita” (levenson, 1993)

  1. Baca tulisan motivasional

Bacalah buku-buku atau situs dan blog motivasional. Ini berguna untuk mengingatkan kita mengapa kita melakukan apa yang kita lakukan.

Di akhir tulisan kita bisa menemukan sejumlah situs motivasional dan pengembangan diri yang bisa kita cicipi.

  1. Berkompetisi

Masukilah lingkungan yang kompetitif agar memicu semangatmu. Kumpulkan teman atau rekan sejawat yang melakukan hal yang sama denganmu, bandingkan pencapaian kalian dalam jangka waktu tertentu.

  1. Bergaul dengan orang yang termotivasi

Sadarkah kita ketika berada di sekitar orang-orang yang positif, getaran mereka akan menyentuhmu secara alami juga. Kita akan merasa termotivasi dan tergerak untuk bertindak. Berkumpullah bersama teman atau orang-orang positif. Bookmark dan bacalah blog-blog yang berisi hal-hal positif, menyenangkan dan memotivasi.

  1. Ingat hal-hal yang kita syukuri

Bisa jadi keluargamu, teman-temanmu, pasanganmu, kesehatan, kehidupanmu dll. Buatlah daftar hal-hal yang kita syukuri. Simpanlah dalam bentuk file komputer atau buku jurnal/diary. Sadari ada banyak orang yang belum memiliki hal-hal yang kita miliki sekarang.yakin bahwa nikmat kita akan selalu ditambah, jika kita selalu ajeg dalam bersyukur. Kapanpun kita merasa kehilangan motivasi, lihatlah kembali daftar ini untuk mengingatkanmu mengapa hidup layak perlu diperjuangkan.

10. Stok Ide

Buatlah daftar stok ide hal-hal menyenangkan yang bisa kita lakukan. Entah itu berkunjung ke tempat tertentu, membuat karya seni tertentu, atau draft tulisan.

Menjadi sukses adalah  impian semua orang. Tentunya untuk itu diperlukan motivasi yang kuat untuk mengatasi tantangan untuk mencapai apa yang Anda inginkan. Motivasi ini harus ditumbuhkan dari dalam diri sendiri. Anda bisa saja membaca ratusan buku atau pergi ke puluhan seminar untuk memperoleh suntikan motivasi, namun hal yang sering terjadi adalah kenaikan emosi sesaat untuk berubah. Barangkali ini bertahan satu atau dua minggu dan setelah itu Anda merasa semuanya kembali menjadi biasa-biasa saja seperti kondisi yang lama. Pernahkah merasa begitu?

Motivasi adalah pohon yang Anda siram dengan potensi diri anda

Kalau Anda mau menurunkan berat badan, pastikan Anda bersama teman-teman yang mempunyai tujuan sama. Kalau Anda ingin membangun bisnis, bertemanlah dengan orang-orang yang sudah berkecimpung di dunia bisnis atau mereka yang mau memulai bisnis. Anda bisa memperoleh energi dan motivasi dari mereka. Akan sangat mudah untuk termotivasi ketika Anda memperoleh support. Apa yang Anda rasakan sebagai rintangan ketika bekerja sendiri bisa teratasi dengan bantuan dan dukungan teman-teman yang bervisi sama.

“ Harapan merupakan tujuan untuk membuat kita termotivasi.”

“Capailah harapan itu dengan memupuk motivasimu”

 

(Tabloid LIMA Universitas Malahayati)

18 replies
  1. Fre
    Fre says:

    Betul sekali bapak, ketika kata-kata positif yang kita sampaikan kepada orang lain akan memiliki kekuatan positif, dan dapat membuat seseorang menjadi termotivasi, semangat serta optimis, maka kita telah membuat seseorang tersebut menjadi senang.

    Reply
  2. nicolas
    nicolas says:

    ya sangat setuju, sebagai generasi penerus bangsa harus mempunyai harapan dan motivasi yang tinggi supaya tidak terhambat di tengah jalan karena satu dua persoalan. harapan dan motivasi membuat diri jadi pribadi yang pantang menyerah dan kuat dalam segala aspek

    Reply
  3. Suliwa Sae
    Suliwa Sae says:

    saya suka kata2 ini

    “jika kita tidak suka dengan apa yang terjadi dalam hidup ini, kita hanya perlu merubah kesadaran (fikiran atau perasaan )kita, maka dunia akan berubah untuk kita” (levenson, 1993)

    Reply
  4. Andre
    Andre says:

    Energi positif dan semangat pantang menyerah memang harus terus ditumbuhkan dalam jiwa mahasiswa. Mudah2an mahasiswa Indonesia bisa lebih maju kedepannya 🙂

    Reply
  5. Andri
    Andri says:

    Terkadang kita juga sangat membutuhkan harapan dan motivasi agar kita tidak gampang menyerah dan terus berjuang untuk menggapai semua mimpi kita

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *