Tamu Istimewa Perpustakaan Malahayati

KEMEGAHAN perpustakaan yang dimiliki oleh Universitas Malahayati, Bandar Lampung, membuat beberapa tokoh ternama di tanah air tercatat pernah berkunjung kesini. Mereka juga ingin secara langsung merasakan kosep mini Indonesia diperpustakaan ini.

Menurut kepala UPT Perpusatakaan Meni Sutarsih, S. Pd, M. Si, konsep perpustakaan yang bernuansa Indonesia mini ini diprakarsai langsung Ketua Dewan Pembina Yayasan Alih Teknologi H. Rusli Bintang. Sehingga di samping perpustakaan modern yang penuh dengan buku-buku pendidikan, ada juga rumah-rumah adat mini yang lebih membumi dengan Indonesia.

Dibangun sebagai sarana untuk menunjang proses belajar mahasiswa serta sebagai bentuk pelestarian budaya, fasilitas di perpustakaan ini disediakan cukup lengkap mulai dari meja, kursi, papan tulis, LCD, AC dan mesin fotokopi.

Fasilitas ini dapat dinikmati oleh semua prodi bahkan oleh mahasiswa dan masyarakat umum dengan syarat menjadi anggota perpustakaan. Jika berjalan berkeliling, maka kita akan melihat ke-34 rumah adat dibangun mengelilingi sebuah sungai kecil, diatas lahan 7000 meter persegi.

Perpustakaan yang terletak di lantai delapan gedung F universitas malahayati ini, menawarkan pengalaman berkeliling Indonesia ditemani buku-buku referensi yang cukup lengkap. Tercatat beberapa tokoh besar indonesia pernah datang kesini.

“Seperti Menteri Riset dan Teknologi (Menristekdikti) M. Natsir pernah berkunjung ke perpustakaan ini. Bahkan dalam kunjungannya tersebut ia meresmikan perpustakaan ini,” kata Meni.

Selain itu, mantan menteri BUMN, yang saat ini menjabat sebagai komisaris utama PT Pertamina Soegiharto, pernah menyambangi perpustakaan Universitas Malahayati ini.

Tak hanya tokoh dari indonesia, dosen luar negeri ini juga pernah menyambangi perpustakaan Malahayati, seperti Bert Aukema dari universitas Erasmus Belanda. Sedangkan pengunjung lokal mencapai 150-200 orang/hari.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + twelve =