Ketua DPMU; Mahasiswa Teknik yang Suka Filsafat

THINK clearly create freely love deeply. Itu motto kehidupannya. Ia suka memang ilmu filasafat, bahkan banyak membaca buku-buku filsafat dan mendalaminya. Tetapi, ia adalah mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Mesin Universitas Malahayati, Bandar Lampung.

Dialah Arief Sofyan. Pemuda dari Martapura, Sumatera Selatan, ini adalah Ketua DPM-U (Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas) sejak tahun 2013. Saat ini Arief begitu sapaannya sedang sibuk menyelesaikan skripsi akhirnya.

Di luar perkuliahan dan membaca-baca buku filsafat, Arief memang menyukai dunia organisasi. “Organisasi adalah wadah untuk mengembangkan potensi. Kita mengenal jati diri, sebab kalau sudah berkecimpung dalam dunia organisasi pasti sudah mengerti potensi apa yang kita miliki,” katanya.

Soal kuliah di Universitas Malahayati, Arief bercerita mulai masuk sejak 2010. Ia mengakui pernah menelantarkan kuliahnya pada semester tujuh. “Saya meremehkan, sebab hanya saya yangh sudah habis mata kuliah di semester tujuh,” katanya.

Seharusnya, di semester tujuh itu ia sudah menyusun skripsi. Namun lalai sebab menggampangkannya, maka skripsinya pun terbengkalai. Belakangan ia tersadar, dan kemudian kembali fokus kuliah dan mengurus organisasi yang dipimpinnya.

Skripsi itu tidak seremeh yang ia kira, dan disitulah ia mendapatkan pelajaran yang sangat berharga. Dan ia kembali ke jalur kuliahnya yang benar.

Soal ilmu filsafat, ia tertarik karena mendapat pelajaran untuk terus bertanya. “Dari kita bertanya kita tahu sesuatu, dan mengetahui sejarah dari nol sejak manusia ada dari alam semesta ada sampai sekarang,” ujarnya. []

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − five =