Komunikasi dan Informasi di Lingkungan Media

SENGAJA penulis ingin memperkenalkan tema saat ini terlebih dahulu, walaupun sekilas sedikit menyimpang dari tema sebelumnya yaitu, tentang Komunikasi Dan Informasi Di Lingkungan Perpustakaan, karena mau tidak mau perpustakaan saat ini dituntut untuk mengenal kemajuan teknologi media komunikasi dan informasi demi untuk membangun pelayanan publik secara optimal.

Hubungan komunikasi dan media tampaknya sampai saat ini masih menjadi perbincangan kalangan publik, dikarenakan media sekarang telah sedemikian maju dengan pesat dan canggih. Melalui media komunikasi yang ada dihampir setiap kita berada, kita dapat melihat perkembangan dunia luar. Peristiwa-peristiwa diluar kita pada setiap waktu dapat ditampilkan melalui media seperti televisi, telepon seluler, surat kabar, majalah, internet dan alat media komunikasi dan informasi lainnya.

Segala jenis informasi dan sifatnya hampir tidak putus selama dua puluh empat jam dalam sehari menerpa kita lewat saluran komunikasi tersebut diatas. Saat ini siaran televisi berlangsung dua puluh empat jam dalam sehari. Radio pun demikian, tak pernah putus program siarannya. Maksudnya, jika salah satu acara radio telah tutup, maka kita dapat mengganti dengan program acara lainnya. Baik radio yang tergabung dalam Radio Republik Indonesia maupun radio yang tergabung dalam Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia. Jika program acara radio dalam negeri telah tutup maka dapat beralih pada gelombang radio asing, jadi tidak pernah putus sepanjang waktu.

Pada saat menonton televisi atau mendengarkan radio, orang dapat menerima informasi tanpa henti. Perjalanan komunikasi terjadi tanpa henti. Meskipun kita juga yang mengatur kapan akan melakukan proses komunikasi dan transfer informasi melalui media komunikasi massa tersebut. Internet sebagai media komunikasi saat ini, bahkan lebih bebas lagi tiada putus sepanjang waktu. Informasi yang disajikan pun relatif tidak terbatas. Bahkan? mungkin waktu dan umur kitalah yang terbatas untuk memanfaatkannya.

Bersambung…

3 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − three =