Universitas Malahayati Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Via Daring, Ini Caranya

BANDAR LAMPUNG : Universitas Malahayati kembali membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru, yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi. Universitas Malahayati memiliki lima fakultas seperti Kedokteran, Hukum, Teknik, Kesehatan Masyarakat (Kesmas), dan Ekonomi yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa baru.

Bagi calon mahasiswa baru baik lulusan SMK, SMA, maupun MA dapat mendaftarkan diri ke Universitas Malahayati secara online. Semua yang berkaitan dengan informasi pendaftaran, dapat diakses di website http://pendaftaran.malahayati.ac.id/.

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Malahayati Afit Afrizal mengatakan, untuk tahun ini Universitas Malahayati membuka pendaftaran mahasiswa baru dengan cara yang berbeda dari tahun sebelumnya. “Tahun ini kita membuka pendaftaran dari awal hingga akhir prosesnya nanti secara online, karena kita mengurangi resiko Covid-19,” kata Afit Afrizal, Kamis (14/1/2021).

Mengenai alur yang harus dilalui oleh para calon mahasiswa yang ingin mendaftar di Universitas Malahayati, sebelumnya calon mahasiswa diharuskan memiliki alamat e-mail yang valid dan mempersiapkan diri untuk wawancara secara virtual. Nantinya pada saat proses pendaftaran berlangsung, akan mendaftar calon mahasiswa harus memiliki alamat email untuk login masuk ke dalam website.

“Setelah login, calon mahasiswa harus melakukan pengisian data dan pembayaran. Setelah itu, bukti berkas sudah dikirim dan dilaporkan kepada admin secara lengkap, nanti admin akan memberikan user dan password untuk melakukan test secara online,” ujar Afit.

Setelah dinyatakan lulus ujian tertulis, calon mahasiswa baru akan dilakukan wawancara melalui aplikasi WhatsApp, Zoom, dan lainnya. Setelah semuanya selesai, pihak kampus akan melakukan wawancara via daring kepada orang tua dan calon mahasiswa, mengenai prosedurnya dan biaya. Jika semuanya telah selesai barulah bisa dinyatakan sebagai mahasiswa Universitas Malahayati.

Universitas Malahayati memberikan fasilitas kepada mahasiswa baru, berupa asrama gratis selama empat tahun dan laundry. Untuk fasilitas asrama yang ada di dalam kampus, nantinya bisa memberikan bmbingan agama dan baca Alquran, bimbingan pelajaran dari dosen pendamping, tempat tidur, lemari pakaian, hingga fasilitas olahraga.

Selain itu, Universitas Malahayati memiliki beasiswa untuk para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Ada pun beasiswa yang dimiliki seperti Beasiswa Bidikmisi, Beasiswa Prestasi, Beasiswa Anak Yatim, Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), dan Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Berdasarkan data dari bagian administrasi, Universitas Malahayati tahun 2020 sudah memberikan berbagai beasiswa. Diantaranya ada beasiswa anak yatim 156 orang, Bidikmisi 64 orang, beasiswa prestasi lebih dari 200 orang, beasiswa PPA 40 orang pertahun, dan beasiswa Kartu Indonesia Pintar 100 orang. (rls/Lampungpro)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − seventeen =