Mewisuda 591 Mahasiswa Secara Daring, Rektor Universitas Malahayati Lampung Minta Lulusan Berdaya Saing dan Matang Teknologi

BANDAR LAMPUNG : Universitas Malahayati Lampung menggelar Rapat Senat Luar Biasa dan terbuka secara daring dalam rangka mewisuda  591 mahasiwa Program Magister, Profesi, Sarjana dan Program Diploma Periode ke-30 pada Sabtu, (23/1/2021). Tema wisuda tahun ini Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi dalam Meningkatkan Adaptabilitas di Era Tatanan Baru.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Malahayati, Dr. dr. H.Achmad Farich., M.M. mengatakan Indonesia dan sebagian besar negara di dunia mengalami kejadian luar biasa yaitu pandemi Covid-19. Seluruh sektor kehidupan ikut terdampak termasuk bidang pendidikan.

“Universitas Malahayati Lampung telah mengambil keputusan menghentikan kegiatan belajar tatap muka langsung hingga saat ini berdasarkan intruksi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sebagai gantinya kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring, keputusan ini diambil untuk memutus mata rantai penularan Covid-19,” kata Achmad Farich.

Menurut Rektor Unmal tersebut, penggunaan teknologi di dunia pendidikan merupakan hal wajar tetapi menjadi keharusan di masa pandemi ini. Indonesia diperkirakan baru akan mengalami kemajuan teknologi dalam bidang pendidikan beberapa tahun kedepan.

“Adanya pandemi Covid-19, menjadikan transformasi digital berlangsung lebih cepat. Kondisi ini memaksa perguruan tinggi, tenaga pengajar, dan tenaga non akademik harus mampu merancang sistem dan menggunakan teknologi pembelajaran dan pelayanan adminsitrasi yang efektif dan unsur lebih banyak dari pada sebelum masa pandemi,” ungkapnya.

Rektor menambahkan, saat ini Universitas Malahayati sedang membangun platform digital dalam menopang civitas akademika supaya mampu beradaptasi terhadap teknologi terkini. “Penggunaan teknologi terus meningkat secara signifikan selama masa pandemi. Langkah digitasi menghasilkan banyak data yang dikonversikan ke format digital, begitu juga yang sedang terjadi di Universitas Malahayati,” jelasnya.

Achmad Farich mengajak, semua pihak untuk patuhi protokol kesehatan dan mengambil hikmah dari pandemi Covid-19 khususnya dalam bidang pendidikan. Rektor juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada para orang tua yang telah mempercayakan mendidik putra putrinya di Universitas Malahayati.

“Terimakasih kepada para orang tua, yang mempercayakan putra putrinya kepada kami, saya ucapkan selamat kepada seluruh wisudawan/wisudawati. Semoga menjadi lulusan yang berguna dan berdaya saing di daerahnya masing-masing,” terang Rektor.

Komisi X Anggota DPR RI Dr. H. Muhammad Kadafi, S.H., M.H mengucapkan selamat kepada orang tua atas dedikasi dan kerja kerasnya telah mengantarkan putra-putrinya ke gerbang pintu keberhasilan. “Adik-adik wisudawan harus bersukur dan jadi penyemangat sehingga nantinya ilmu yang diperoleh menjadi bermanfaat bagi masyarakat,” pesanya.

Kadafi Juga mengucapkan selamat atas diluncurkannya Malahayati News, hal itu merupakan terobosan baru yang luar biasa, “Selamat diluncurkannya Malahayati News, kita tahu teknologi mempercepat informasi dan perkembangan. Berbeda seperti dulu, jika dulu berita terbitnya besok namun sekarang berita dapat terbit saat ini juga,”ujarnya.

Peserta terbaik Wisudawan/wati Periode Ke-30 dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Program Studi (Prodi) Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Khairona IPK 3,90, Prodi Sarjana Kesehatan Masyarakat, Sutini IPK 3,88. Fakultas Kedokteran Program Studi (Prodi) Profesi Ners, Melisa Tabrani IPK 3,92, Prodi Sarjana Kedokteran, M. Rheza F Zamzami IPK 3,86, Prodi D IV Kebidanan, Agustina Triani IPK 3,60, Prodi D III Kebidanan, Desi Ratna Sari IPK 3,90, Prodi Sarjana Keperawatan, Samsu Nazila IPK 3,74,  Prodi D III Analisis Farmasi dan Makanan, Dania Aprilia IPK 3,86, Prodi D III Keperawatan, Lilis Marlia IPK 3,77 dan Prodi Sarjana Farmasi, Ni Wayan Wulantika IPK 3,79.

Fakultas Ekonomi Program Studi (Prodi) Akuntansi Program Magister, Apip Alansori IPK 4,00 dan Prodi Sarjana Akuntansi, Satria Gana Albar IPK 3,67. Dalam acara wisuda hadir Kepala L2DIKTI Wilayah II, Wakil Rektor, Dekan Fakultas dan Civitas Akademika Universitas Malahayati. (Rls)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + three =