Penjelasan Ketua Pengelola Jurnal Universitas Malahayati, Untuk Masuk Ke Jurnal Ilmiah Malahayati

BANDAR LAMPUNG (Lampungpro.co) : Universitas Malahayati (Unmal) terus meningkatkan jurnal ilmiah dan terus mendorong untuk terakreditasi dan sistem jurnal SINTA ( Science and Technology ) Indonesia. Pihak Unmal melalui Ketua pengelola jurnal Universitas Malahayati, Teguh Pribadi memberikan penjelasan beberapa syarat dapat masuk ke Jurnal Malahayati.

“Untuk bisa lolos jurnal, kita harus punya p- ISSN atau e-ISSN, nomor seri dari publikasi. Websitenya nanti akan disusun dengan rapih, setelah terbit sekali terbit dapat mengajukan ISSN setelah terbit dua tahun, baru bisa mengajukan akreditasi ke kementrian ristek dikti dan setelah lolos akreditasi maka jurnal akan terdaftar di kementerian dan di klasifikasi kan di SINTA 1 sampai 6. (8/2/2021).

Teguh juga menambahkan, untuk sebagai penulis dijurnal Universitas Malahayati diperbolehkan memuat artikel dari luar maupun dari dalam termasuk para dosen dan mahasiswa yang harus mempublikasikan hasil penelitian nya, maupun luar kampus. “Kita dari pengelola Jurnal Malahayati kuotanya sebanyak 60 persen untuk internal baik dosen dan mahasiswa sesuai dengan fokus keilmuannya. Karena persyaratan mahasiswa sebelum mengambil ijazah sekarang diharuskan untuk mempublikasikan hasil penelitian nya. Publikasi melalui jurnal Indonesia ini masih sedikit. Sehingga dari Kementerian Pendidikan membuat kebijakan publikasi di nasional dan internasional untuk menjadi nomor satu untuk kawasan asia tenggara,”

Teguh menerangka akreditasi jurnal untuk penilaiannya terdapat beberapa persyaratan dan beberapa item sesuai ketentuannya yang harus dipenuhi. “Untuk pemenuhan akreditasi untuk jurnal ada beberapa skornya yang harus dipenuhi, misalkan kunjungan dari jurnal, nanti di jumlahkan akan diklasifikasikan dapat masuk untuk pointnya. Untuk masa akreditasi selama lima tahun,” tutupnya. (SANDY)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 2 =