Dirgahayu TNI ke-77 (5 Oktober 1945 – 5 Oktober 2022) “TNI Adalah Kita”

BANDARLAMPUNG (malahayati.ac.id) : Tentara Nasional Indonesia (TNI) lahir dalam kancah perjuangan bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Belanda yang berambisi untuk menjajah Indonesia kembali melalui kekerasan senjata.

TNI merupakan perkembangan organisasi yang berawal dari Badan Keamanan Rakyat (BKR). Selanjutnya pada tanggal 5 Oktober 1945 menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR), dan untuk memperbaiki susunan yang sesuai dengan dasar militer international, dirubah menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI).

Tahun 1962, TNI digabungkan dengan Kepolisian Negara (Polri)) menjadi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI). Pada 1 April 1999, TNI dan Polri secara resmi kembali dipisah. Sebutan ABRI sebagai tentara dikembalikan menjadi TNI.

TNI dibagi Menjadi 3 Matra/Angkatan yaitu Tentara Nasional Angkatan Darat (TNI-AD), Tentara Nasional Angkatan Udara (TNI-AU), dan Tentara Nasional Angkatan Laut (TNI-AL).

Dilansir laman resmi TNI, peringatan HUT TNI tahun 2022 adalah peringatan yang ke-77 tahun sejak 1945. Adapun tema peringatan HUT TNI ke-77 tahun 2022 adalah “TNI Adalah Kita”. Hingga kini, setiap tanggal 5 Oktober memperingati Hari Ulang Tahun TNI atau HUT TNI.

Dirgahayu TNI ke-77 (5 Oktober 1945 – 5 Oktober 2022).

Semoga TNI semakin maju, professional, dan tangguh dalam melindungi kedaulatan dan keamanan Negara Republik Indonesia. (***)humasmalahayatinews

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *