UPPM Universitas Malahayati Bandar Lampung Kembali Terbitkan Buku Ajar Berstandar Nasional

BANDAR LAMPUNG (Malahayati.ac.id) : Unit Penelitian Pengabdian Masyarakat (UPPM) Universitas Malahayati Bandar Lampung kembali menerbitkan dua buku panduan ajar, dengan judul Memberantas Buta Program dengan Bahasa Python dan Resep Dokter : Panduan Untuk Mahasiswa Kedokteran dan Dokter Edisi 2.

Saat ini kedua buku telah terdaftar Perpustakaan Nasional RI dan dapat digunakan sebagai modul pembelajaran bagi para mahasiswa.

Plh. Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Muhammad, S.Kom., MM mengatakan, kedua buku tersebut telah memiliki nomor ISBN.

” Buku berjudul Memberantas Buta Program dengan Bahasa Python Dengan nomor ISBN 978-623-6725-08-5 ditulis oleh saya sendiri dan buku berjudul Resep Dokter : Panduan Untuk Mahasiswa Kedokteran dan Dokter Edisi 2 dengan nomor ISBN 978-623-6725-07-8 penulisnya Hi. Dalfian dosen Universitas Malahayati,” terang Muhammad, Selasa (16/3/2021).

Muhammad menjelaskan, perkembangan teknologi maklumat atau informasi yang cepat tanpa diikuti kemampuan SDM untuk menguasainya, menyebabkan bahasa Indonesia cendrung menjadi konsumen informatika ketimbang menjadi produsen, baik perangkat keras maupun lunak.

“Di Indonesia juga kekurangan tenaga pemrograman, sehingga banyak pemrograman dari India dan Philipina yang bekerja di Indonesia,” ungkap Warek 1.

Dengan adanya buku ini, untuk menguasai secara cepat bahasa pemrograman, Phyton merupakan bahasa paling tepat untuk pelajar pemula program komputer. Bahasa phyton tidak hanya mudah dipelajari, tapi berpeluang untuk diterapkan dalam pembuatan perangkat lunak untuk dunia usaha, pendidikan, hiburan, keamanan, kecerdasan buatan, dan lainnya.

“Jika kita buka google mencari bahan pemrograman bahasa phyton hanya ditemukan 3 buku saja untuk 100 halaman, sedangkan yang berbahasa Inggris bisa lebih dari 100 buku,” ujarnya.

Banyak dari kita yang belum menguasai bahasa Inggris dengan baik sehingga ada keterbatasan dalam pembelajaran pemrograman, oleh karena itu Wakil Rektor 1 berharap buku ini dapat menambah hasanah pembelajaran pemrograman Phyton untuk pemula dan memberantas buta huruf pemrograman.

 

Sumber : Asyihin

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 − three =