Unit Penerbitan Dan Publikasi (UPPM) Universitas Malahayati mengikuti kegiatan Promosi Dan Diseminasi Paten dari Kemenkumham

BANDAR LAMPUNG (malahayati.ac.id): Universitas Malahayati Bandar Lampung melalui Unit Penerbitan Dan Publikasi (UPPM) dan Fakultas Teknik mengikuti kegiatan Promosi Dan Diseminasi Paten dari Kementrian Hukum Dan HAM (Kemenkumham) RI Kantor Wilayah Provinsi Lampung, Novotel, Kamis (18/3/2021).

Kepala Unit Penerbitan Dan Publikasi (UPPM) Universitas Malahayati Tyan Tasa mengatakan Kegiatan Promosi dan Dan Diseminasi Paten ini memberikan informasi yang dibutuhkan oleh perguruan tinggi khususnya Universitas Malahayati terkait pengurusan Haki dan Paten yang dipermudah dengan adanya pengurusan secara online. pengajuan Paten tidak terbatas hanya untuk Dosen tapi juga bisa untuk Mahasiswa dan masyarakat yang memiliki produk/proses. untuk produk/proses bisa berupa sesuatu yang baru atau bisa juga penyempurnaan dari produk yang sudah ada sebelumnya. Karna dari data Kemenkumham bahwa 90% pengajuan Paten di Indonesia merupakan Penyempurnaan dari Produk yang sudah ada sebelumnya dan sisa nya adalah Produk/proses yang baru.

“Ya kegiatan ini sangat penting bagi Perguruan Tinggi khususnya Universitas Malahayati karena informasi nya sangat dibutuhkan terkait pengurusan HAKI dan Paten,” kata tyan tasa.

Kegiatan diawali dengan laporan Ketua Panitia, Nur Ichwan, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM. Dilanjutkan Sambutan oleh Kepala Kantor Wilayah Lampung, Danan Purnomo sekaligus membuka kegiatan tersebut dengan ditandai pemukulan Gong.

Penandatangan MoU antara kantor Wilayah dan Perguruan tinggi Ini Dihadiri oleh Rektor Universitas Malahayati Dr.Achmad Farich,dr.,MM dan beberapa Perguruan tinggi lain.

Setelah penandatangan MoU antara Kantor Wilayah dan Perguruan tinggi, Acara berikutnya adalah penyerahan Surat pencatatan Inventarisasi Kekayaan Intelektual Komunal oleh kepala kantor Wilayah kepada Bupati Tanggamus dan Bupati Pesisir Barat.

Kemudian memasuki acara berikutnya adalah pemberian materi dan pemahaman mengenai Haki dan Paten oleh narasumber yaitu Dwi Waskita Trisna Utama selaku Pemeriksa Paten Madya pada Ditjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM, Syahroni selaku Kepala Seksi Pemeliharaan, Mutasi, dan Lisensi pada Ditjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM, dan Meizano Ardhi Muhammad selaku Ketua Sentra Kekayaan Intelektual Universitas Lampung.

(humasmalahayatinews)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 1 =