Universitas Malahayati Targetkan Jadi Kampus Unggul Peringkat 20 Besar Nasional di Tahun 2027

BANDARLAMPUNG (malahayati.ac.id) : Tahun 2027, Universitas Malahayati ditarget menjadi perguruan tinggi swasta peringkat 20 besar nasional. Selain itu, Universitas Malahayati juga ditarget bisa menjadi perguruan tinggi yang unggul berbagai bidang.

Rektor Universitas Malahayati Bandarlampung, Dr. Achmad Farich, dr., M.M mengatakan, sejak awal dirinya menjabat sebagai rektor, peringkat Universitas Malahayati ada di ranking 246 nasional. Namun pada tahun 2022 ini, perlahan peringkat itu mulai naik hingga ke posisi 73 nasional.

“Jadi ini suatu prestasi, sekaligus tantangan lebih besar dan berat bagi kami untuk menjaganya. Kami menargetkan tahun 2024 sudah masuk 50 besar, lalu 2027 masuk 20 besar nasional, dan dunia masuk 1.000 besar,” kata Rektor saat menjadi narasumber Lampungpro Podcafe.

Meski target tersebut menjadi tantangan yang berat, namun seluruh sivitas akademika Universitas Malahayati tidak ingin tanggung memberikan sumbangsih ke negara. Hal itu juga bertujuan, agar lulusan Universitas Malahayati bisa lebih terjamin lagi kedepannya.

“Kampus kami ini one stop servis, jadi orang tua mahasiswa tidak perlu lagi memikirkan anaknya tinggal dimana, karena kami relatif tinggal di asrama. Mereka juga mendapat hak lainnya seperti gratis laundrian dan lainnya,” ujar Rektor.

Disisi lain, Universitas Malahayati juga menjadi kampus paling tenang, aman, nyaman, dan adem. Sebab Universitas Malahayati dalam sistem pendidikannya, juga menerapkan pendidikan etika dan religius.

Untuk saat ini, Universitas Malahayati Lampung sudah ada lima fakultas, dengan jumlah kurang lebih 20 program studi (Prodi) unggul dan terakreditasi baik sekali. Ada pun fakultas dan Prodi di Universitas Malahayati ada kedokteran, ilmu kesehatan, kebidanan, hingga profesi keperawatan.

Kemudian ada juga kesehatan masyarakat, psikologi, farmasi, dan D3 analisis farmasi dan makanan D3 ini satu-satunya di Sumbagsel. Ada juga fakultas ekonomi terdiri dari tiga Prodi yakni akuntansi, manajemen, dan S2 akuntansi.

Ada juga fakultas teknik dengan empat Prodi seperti teknik sipil, teknik lingkungan, teknik mesin, dan teknik industri. Terakhir ada fakultas ilmu hukum.

Hingga kini relatif masa tumbuh lulusan Universitas Malahayati di bawah tiga bulan, bahkan di luar kesehatan lebih cepat. Bahkan untuk fakultas teknik sendiri, sudah banyak yang terbooking atau dilirik perusahaan dan dunia industri lain. (gil/humasmalahayatinews)

3 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *