Penyerahan Mahasiswa Profesi Ners Universitas Malahayati di RSAM

BANDARLAMPUNG (malahayati.ac.id) : Program Studi Profesi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Malahayati Bandarlampung, langsungkan kegiatan penyerahan mahasiswa dan persamaan persepsi di Aula Diklat RSUD. Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung. (5/12/2022).

Profesi Ners angkatan 2022 ini akan melaksanakan Stase Keperawatan Kegawatdaruratan. Penyerahan mahasiswa dilakukan oleh Eka Yudha Chrisanto,S.Kep.,Ns.,M.Kep selaku Sekretaris Prodi Profesi Ners Unmal, didampingi dosen pembimbing akademik, Tika Oktaria,S.Kep.,Ns. mewakili dr. Siska Lania,M.Kes selaku Kepala Instalasi Diklat RSUD. Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung . Turut hadir pula, Dosen Pembimbing Klinik Ruang IGD, ICU, OK, HD, Bedah, dan Melati.

Kegiatan ini diawali oleh sambutan dari Sekretaris Prodi Profesi Ners Unmal, Eka Yudha ucapkan terimakasih dan titipan salam hormat dari Kaprodi Profesi Ners Unmal Aryanti Wardiyah, M.Kep., Sp.Kep.Mat kepada pihak RSUD. Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung, yang sudah berkenan menerima mahasiswa Prodi Profesi Ners Unmal untuk melaksanakan Praktik Klinik Keperawatan Stase Keperawatan Kegawatdaruratan  selama 6 pekan.

Sebagai informasi, Stase Keperawatan Kegawatdaruratan  adalah salah satu stase lanjutan dari rangkaian stase yang harus dilaksanakan mahasiswa, Prodi Profesi Ners Unmal dari total 10 stase.

Eka Yudha pun menyampaikan bahwa Stase Keperawatan Kegawatdaruratan merupakan rangkaian kegiatan praktik yang diberikan untuk mahasiswa keperawatan meningkatkan kompetensi dalam memberikan asuhan keperawatan gawat darurat kepada klien/pasien yang mengalami keadaan krisis/emergency, untuk mencegah kematian dan atau kecacatan, serta menekankan filosofi dalam penanganan pasien gawat darurat yaitu Time Saving is Life Saving artinya bahwa semua tindakan yang dilakukan pada saat kondisi gawat darurat harus benar-benar efektif dan efisien. Hal ini dikarenakan bahwa pasien dapat kehilangan nyawa hanya dalam hitungan menit saja.

Acara penyerahan mahasiswa dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Tika Oktaria,S.Kep.,Ns. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa RSUD. Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung merupakan Rumah Sakit Pendidikan. Kehadiran mahasiswa praktik klinik keperawatan dari Program Studi Profesi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Malahayati Bandar Lampung menjadi bagian dari menjalankan fungsi pendidikan di RSAM. Beliau juga menyampaikan pesan kepada mahasiswa yang akan memberikan asuhan keperawatan kepada pasien agar menyiapkan segala sesuatunya, baik fisik, pengetahuan, dan skill.  Mahasiswa juga harus mengikuti segala aturan yang berlaku di RSUD. Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung.

Nantinya sebelum memulai stase keperawatan kegawatdaruratan, mahasiswa akan melaksanakan pra kepaniteraan klinik untuk membekali pengetahuan dan pemahaman mahasiswa terhadap RSUD. Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung. Kegiatan penyerahan mahasiswa dan persamaan persepsi ditutup dengan sesi penyerahan Buku Panduan secara simbolis dari Program Studi Profesi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas  Malahayati Bandar Lampung ke RSUD. Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. “Keperawatan Unmal, KUAT (Kreatif,Unggul,Aktif,Terampil)”. (gil/humasmalahayatinews)

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *