Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H

“Hari Raya Qurban atau Hari Raya Idul Adha adalah sebuah hari dimana kita memperingati peristiwa penyembelihan Nabi Ismail AS, Putra Nabi Ibrahim AS. Dari kisah tersebut kita dapat mengambil sebuah hikmah yang baik, bahwa setiap manusia hendaklah rela berkorban, baik dengan harta benda, jiwa raga, kepentingan masyarakat, bangsa dan negara serta agama.
Dua peristiwa penting yang tidak dapat terlepas dari Hari Raya Idul Adha adalah ibadah Haji dan Qurban. Namun pada situasi saat ini, kedua ibadah tersebut harus dilaksanakan ditengah Pandemi COVID 19 yang sampai saat ini belum mereda. Kita harus meyakini bahwa selalu ada hikmah besar yang terkandung dari setiap ketetapan yang diberikan oleh ALLAH SWT. Ditengah pandemi COVID 19 saat ini, ibadah qurban akan lebih bermakna dan terasa bagi masyarakat ekonomi lemah. Banyak masyarakat yang tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya karena harus kehilangan mata pencaharian. Qurban bisa menjadi bukti kepekaan sosial masyarakat mampu terhadap yang lemah. Qurban semakin memberikan kesadaran kepada kita, bahwa harta yang kita miliki bukanlah mutlak milik kita. Harta dan materi didunia hanya titipan ALLAH SWT yang didalamnya terdapat hak orang lain. Kenikmatan yang kita rasakan tidak akan berkurang sedikitpun ketika harus berbagi dengan orang lain, karena sesungguhnya hakikat memberi adalah menerima.”

Mari kita tingkatkan ketakwaan dengan berqurban, tetapi yang harus diingat adalah bukan kambing atau sapi yang menjadi esensi dari hari raya qurban, melainkan kerendahan hati dan keikhlasan. Itulah makna qurban yang sesungguhnya.

Saya Achmad Farich, Rektor Universitas Malahayati beserta Seluruh Civitas Akademika Universitas Malahayati Mengucapakan SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1442 Hijriah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − 10 =