Prodi DIII Kebidanan Universitas Malahayati mendapatkan bantuan Hibah Program Riset Keilmuan Terapan Dalam Negeri – Dosen PT Vokasi Tahun 2021

Bandar Lampung (malahayati.ac.id) : Selasa, 14 september 2021 Prodi DIII Kebidanan Universitas Malahayati mendapatkan bantuan Hibah Program Riset Keilmuan Terapan Dalam Negeri – Dosen PT Vokasi Tahun 2021. Merujuk Lampiran Surat Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri Nomor : 1397/D4/KS.01.01/2021 Daftar Tim Periset yang Lolos untuk Submit Full Proposal Program Riset Keilmuan Terapan Dalam Negeri – Dosen PT Vokasi Tahun 2021.

Program Riset Keilmuan Terapan Dalam Negeri – Dosen PT Vokasi adalah program pendanaan riset terapan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan pendanaan melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Program ini berorientasi kepada pemenuhan kebutuhan demand driven. Melalui program ini, tim periset dari Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV) harus mampu berkontribusi dalam menyelesaikan masalah nyata di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) khususnya sektor UMKM serta masyarakat. Tim Periset terdiri dari dosen, dengan menyertakan tenaga kependidikan dan mahasiswa yang memenuhi persyaratan dari PTPPV pengusul di bawah koordinasi Kemendikbudristek dan harus bermitra dengan unsur dari DUDI.

Program Riset Keilmuan Terapan Dalam Negeri – Dosen PT Vokasi bersifat kompetitif. Setiap tim periset akan mengusulkan proposal yang selanjutnya diseleksi berdasarkan kontribusinya terhadap penyelesaian masalah terkait isu ekonomi dan sosial serta masalah riil yang dihadapi DUDI. Program riset ini dirancang untuk mendorong riset integratif, kolaboratif, dan multidisiplin untuk meningkatkan kualitas produk riset terapan yang memiliki dampak nyata bagi peningkatan ekonomi dan sosial. Tema riset yang diusulkan harus terdiri dari beragam disiplin (multidisiplin) ilmu, sehingga riset yang dihasilkan dapat memberi manfaat dan dapat diberdayakan.

Program ini diharapkan mampu menghasilkan produk antara lain berbentuk prototipe, model, naskah akademik, atau pengembangan sistem; dan mendorong terbangunnya suasana riset (research environment) kemitraan yang sinergis antara dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa calon periset dari berbagai PTPPV dengan mitra DUDI atau organisasi masyarakat sipil. Target DUDI utamanya adalah kelompok UMKM serta komponen lain yang terkait dengan tujuan program riset terapan. Selain itu program ini juga diharapkan akan menjadi model bagi terbangunnya dan berkembangnya ekosistem riset terapan di PTPPV dan/atau DUDI.

Tim Periset dari Prodi DIII Kebidanan ini di Ketuai oleh  Devi Kurniasari, SST.,M.Kes, yang beranggotakan Vida Wira Utami, SST.,M.Kes, Eka Trismiyana,S.Kep., M.Kes, Drs. Suharman, M.Pd dan Mahasiswa Fakhratun Nailiyah, Rahmayanti.

Pada kesempatan ini, Ketua Tim Periset Devi Kurniasari, SST.,M.Kes mengatakan sangat senang dan bangga atas kerja keras tim hingga berhasil mendapatkan hibah Program Riset Keilmuan Terapan Dalam Negeri – Dosen PT Vokasi Tahun 2021.

“Alhamdulilah kita berhasil mendapatkan hibah Program Riset Keilmuan Terapan Dalam Negeri – Dosen PT Vokasi Tahun 2021, semoga kegiatan ini bisa bermanfaat untuk Prodi , Mitra Masyarakat dan PT (Universitas Malahayati)”

Sementara itu, Rektor Universitas Malahayati Dr. Achmad Farich, dr., MM mengucapkan selamat kepada Prodi DIII Kebidanan yang telah lolos seleksi mendapatkan hibah Program Riset Keilmuan Terapan Dalam Negeri – Dosen PT Vokasi Tahun 2021 dari Kemdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi.

 

humasmalahayatinews

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − eleven =