UGM Dampingi Unmal Dalam Gerakan Kampus Sehat Melalui Health Promoting University

Bandar Lampung (malahayati.ac.id) : Health Promoting University (HPU) dengan istilah umum “Kampus Sehat” yang dikembangkan di Asia melalui Asean University Network (AUN) bertujuan untuk menjadikan masyarakat kampus menjadi sehat secara menyeluruh melalui aktivitas yang difokuskan pada pencegahan, edukasi, dan promosi kesehatan. Tidak hanya pada mahasiswa, dosen dan staf juga masyarakat di sekitar kampus turut menjadi sasaran kampus sehat. Dengan gerakan “Kampus Sehat” dapat membangun mekanisme perubahan budaya kesehatan melalui pembentukan atau identifikasi masalah kesehatan yang terdapat di kampus.

Universitas Gadjah Mada (UGM) sudah menginisiasi cikal bakal HPU sejak tahun 1999, dan di tahun 2021 terjadi kolaborasi UGM dengan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Universitas Malahayati (Unmal) adalah salahsatu Perguruan Tinggi (PT) yang terpilih untuk didampingi UGM dari 12 PT lainnya yang terdapat di Indonesia. Melalui beberapa tahap kegiatan dan di tanggal 9 Oktober lalu, Unmal menandatangani Komitmen Bersama Penyelenggaraan Kampus Sehat di Yogyakarta tepatnya di University Club, Universitas Gadjah Mada. Kegiatan dihadiri oleh Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI, drg. Kartini Rustandi, M. Kes., Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M. Eng., D. Eng serta Tim HPU UGM yang di ketuai oleh Prof. Dra. Yayi Suryo Prabandari, M.Si., PhD. Sedangkan, hadir sebagai perwakilan dari Unmal adalah Ketua HPU Unmal, Lolita Sary, M.Kes.

“Unmal harus bergerak menuju kampus sehat. UGM memberikan kesempatan itu dan tidak boleh disia-siakan. Perlu dukungan dari semua pihak agar kegiatan ini sustain.” Hal ini disampaikan oleh Ketua Tim HPU Unmal, Lolita Sary, M. Kes. Ibu Lol, panggilan akrab Lolita Sary juga mengatakan bahwa tim HPU berasal dari banyak program studi, seperti kesehatan masyarakat, kedokteran umum, psikologi, keperawatan, kebidanan, farmasi, teknik dan hukum. Langkah ke depan tim HPU akan merekrut dari program studi ekonomi dan tenaga kependidikan. Menjadi lebih bermakna, “Kegiatan HPU ini dapat dimanfaatkan untuk praktik mata kuliah mahasiswa, penelitian dan pengabdian masyarakat baik oleh dosen maupun mahasiswa ….. tim HPU berasal dari berbagai prodi tidak hanya prodi kesehatan saja di dalamnya karena permasalahan kampus sehat dibutuhkan disiplin ilmu seperti teknik, hukum, ekonomi bahkan tendik yang ada di Unmal.” Hal ini di sampaikan oleh Rektor Unmal, Dr. dr. Achmad Farich, MM yang mendukung penuh kegiatan ini berjalan di Unmal.

Kegiatan 2 bulan ke depan HPU Unmal akan melakukan deteksi dini melalui Wellness Centre, dari kegiatan ini akan diikuti kegiatan lainnya antara lain Advokasi dan Sosialisasi; Aku Baca, Aku Paham; 1000 Langkah Ku Tekuni, 14 Hari Isi Piringku, Podcast (Napza, Kamu Jahat!), dan Podcast (Toxic dalam Pacaran: Pelecehan Seksual yang Mengintai). Tahap awal, semua kegiatan tercover dalam dana stimulan kolaborasi UGM dengan Direktorat Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI tetapi untuk selanjutnya kegiatan ini harus tetap berlangsung melalui sumber pendanaan lainnya. Salam Sehat.

 

humasmalahayatinews

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 4 =