Sulastri; Teknik Lingkungan Satu-satunya di Sumbagsel

Teknik Lingkungan, merupakan salah satu jurusan dari fakultas teknik yang hanya terdapat di Universitas Malahayati di lingkup daerah Sumbagsel (Sumatra Bagian Selatan).

Kehidupan kita tak pernah terlepas dari peran lingkungan, dan kalau bukan kita yang peduli siapa lagi? wajar saja jika sarjana FMIPA Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini tertarik dengan bidang ini. Wanita yang juga Megister Teknologi Agro Industri di Universitas Lampung (UNILA) ini bergabung dengan Universitas Malahayati sejak tahun 2005, Sulastri, Dra.MTA begitu nama lengkapnya.

Sulastri mengawali karirnya di Malahayati sebagai tenaga pengajar teknik lingkungan, dan pada tahun 2009 ia dipercaya untuk menjadi Kaprodi Teknik Lingkungan selama 2 periode yang akan berakhir pada februari 2017.

Mengenai calon mahasiswa baru teknik lingkungan di Universitas Malahayati, ia ikut andil dalam upaya merekrut mahasiswa baru. Selain brosur ia juga menyebarkan informasi melalui akun sosial medianya. Dan tak luput dari peran panitia PMB dan peran para alumni.

Apa si keunggulan Teknik Lingkungan Universitas Malahayati ini ?

“Teknik Lingkungan di Universitas Malahayati ini tak kalah unggul dengan jurusan lain maupun universitas lainnya. Karena selain ia satu-satunya di Sumbagsel teknik lingkungan ini sudah terakreditasi dan teknik lingkungan ini juga memiliki peluang kerja yang besar, sebab hampir setiap perusahaan industri membutuhkan tenaga kerja ahli teknik lingkungan,” ujar sulastri.

Bagaimana menyikapi mahasiswa yang notabene gayanya yang cuek terhadap penampilan ?

“Setiap manusia pasti memiliki fase, buat saya tak masalah karena itu hak mereka dan saya rasa kita tidak boleh mengkritik sesorang dengan penampilan. Karena masa kuliah itu masa kebebasan mereka, mahasiswa inginnya bebas dalam artian bebas berekspresi. Sebab pada fasenya nanti mereka akan sadar mengenai penampilan mereka ketika mereka magang/memasuki praktik dunia kerja,” ujarnya.

Apa harapan untuk Universitas Malahayati dan mahasiswa teknik lingkungan itu sendiri ?

“Semoga sarana dan prasarana seperti Lab untuk teknik dilengkapi, khusunya teknik lingkungan. Bukan IPA jika tak ada Lab, karena teknik lingkungan notabene nya adalah program study mengenai IPA,” ujar sulastri.

“CARE AND ACTION. Jangan hanya peduli terhadap lingkungan tetapi tidak ada tindakan, harus ada tindakan dari rasa peduli itu,” tambahnya.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × one =