Hati Tenang Setelah Salat Berjamaah di Masjid Universitas Malahayati

SUARA kumandang adzan membuat langkah kakiku kupercepat untuk melangkah menuju Masjid Universitas Malahayati, langkah demi langkah kupercepat agar segera sampai. Masjid ini berada di lingkungan Universitas Malahayati tepatnya berada di atas gedung serba guna Universitas Malahayati di depan Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin.

Sesampai disana, terlihat deretan keran untuk mengambil air wudhu para jemaah yang ingin melakukan solat berjamaah di Masjid Universitas Malahayati. Setelah mengambil wudhu, kulangkahkan kakiku kembali menuju pintu masuk masjid. Di depan pintu masuk masuk, hawa sejuk langsung menerpa kulit dan membuat rasa nyaman dan tenang saat berada di tempat ini. Hawa sejuk ini bukan hanya karena 16 buah AC yang beroprasi, namun karena Masjid ini memang dikelilingi pepohonan besar yang meneduhi Masjid Universitas Malahayati.

Menoleh kearah kanan pintu masuk masjid, anda bisa melihat perpustakaan mini yang berisi buku bacaan islami dan jurnal-jurnal islam tersusun rapi di rak-rak kayu yang tersandar di dinding ruangan. Beberapa potong sarung dan mukena juga tersimpan di lemari masjid, sarung dan mukena sengaja disediakan bagi mereka yang ingin menggunakan.
Melihat ke langit-langit masjid, lampu dan 8 buah kipas angin ukuran besar terpasang kokoh di plafon masjid. Masjid ini memiliki 4 pintu masuk yang terbuat dari kaca, namun hanya dua yang biasa digunakan, sedang 2 lainnya yang berada di dekat mimbar khatib, jarang sekali digunakan.

Kebetulan hari ini adalah hari jumat, maka setelah adzan, ceramah dan doa pun disampaikan oleh Ustad Hafis. Lalu solat jumat di imami oleh Ustad Fadli. Salat jumat kali ini cukup ramai di datangi jamaah, Masjid berkapasitas sekitar 700 orang ini hampir terisi separuhnya. Terlihat beberapa orang yang nampak tak asing lagi di mata team malahayati.ac.id, seperti Rektor Universitas malahayati, Wakil rektor 1, wakil rektor 2 dan 3 pun hadir siang ini. Beberapa dosen Universitas Malahayati juga ikut serta dalam solat berjamaah di Masjid Universitas Malahayati. Bahkan Rusli Bintang sebagai pemilik yayasan terlihat khusuk mendengarkan ceramah dari Ustad hafis. Benar adanya jika hati terasa lebih tenang dan sejuk setelah salat berjamaah di tempat ini.

Masjid ini sudah digunakan sejak 2006, dan sudah beberpa kali berganti kepengurusan. Saat ini Masjid Universitas Malahayati diketuai ustad fadli, dengan dibantu oleh Abu sebagi bendahara, Nizar dan Iin sebagai pengurus harian Masjid Universitas Malahayati.

Ustad Fadli mengatakan memang belum ada acara rutin yang diadakan di masjid ini, namun memang sudah di rencakan untuk mengadakan pengajian rutin sebulan sekali untuk civitas Malahayati dan Umum.
Sementara ini Masjid ini biasa digunakan untuk aktifitas rutin seperti solat berjamaah, tilawah Quran, dan musyawarah saja seperti masjid pada kebanyakan.

Begini potret Masjid Universitas Malahayati:

tempat wudhu

tempat wudhu

pintu masuk

pintu masuk

perpustakaan mini

perpustakaan mini

potret ruangan masjid

potret ruangan masjid

jamaah mendengarkan ceramah

jamaah mendengarkan ceramah

 

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 1 =