Potret Upacara Bendera Rutin Yang Dilakukan Satpam di Hari Senin

UPACARA Bendera pada hari Senin adalah kegiatan rutin yang dilakukan instansi dan lembaga yang ada di Indonesia. Baik di sekolah, kantor pemerintahan, dan lembaga lainnya. Baik siswa, pejabat pemerintahan, Pegawai Negeri Sipil rutin melaksanakan kegiatan ini.

Begitu pula dengan Universitas Malahayati, para satuan pengaman (satpam) kampus ini juga rutin melakukan upacara penaikan bendera pada hari senin. Mereka melakukan upacara dengan tertib dan penuh khidmat.

Upacara hari ini diikuti oleh 12 anggota satuan pengamanan, dengan M.Nurdin sebagai instruktur upacara, Muid sebagai pemimpin, dan Eva sebagai protokol. Sedangkan untuk petugas pengibar bendera adalah Edik, Evi , dan Eka. Yang lainnya menjadi peserta upacara.

Sama seperti upacara bendera pada umumnya, hanya saja tanpa pembacaan UUD 1945 dan Pancasila. Mereka mengawali upacara dengan menyiapkan barisan, setelah barisan disiapkan oleh pemimpin upacara, Instruktur upacara masuk untuk menerima laporan. Barulah setelah laporan diterima barisan disiapkan kembali untuk melakukan pengibaran bendera merah-putih.

Setelah bendera berada di ujung tiang, maka barisan diistirahatkan kembali untuk mendengar amanat dari instruktur upacara. Inspektur upacara menghimbau dan mengamanatkan kepada para peserta upacara untuk tetap solid dan menjaga komunikasi antar anggota agar terjadi sinergi yang berkesinambungan dan tercipta efektifitas dalam pengamanan. Selain itu ia juga menghimbau untuk tetap mengedepankan pelayanan dan kenyamanan untuk lingkungan Universitas Malahayati. Setelah amanat selesai, pemimpin upacara melaporkan bahwa upacara selesai, setelah itu upacara ditutup dengan doa dan barisanpun dibubarkan.

Ini adalah potret upacara bendera yang tertangkap kamera tim malahayati.ac.id:

peserta upacara

peserta upacara

Barisan disiapkan

Barisan disiapkan

Petugas pengibar bendera

Petugas pengibar bendera

Amanat inspektur upacara

Amanat inspektur upacara

Doa

Doa

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 5 =