Ana Mariza: Nama Baik Almamater, Profesionalisme, dan Etika itu yang Harus Kalian Jaga

Ana Mariza, S.ST,.M.Kes. Wanita kelahiran Palembang 22 Mei 1987 merupakan salah satu Dosen Kebidanan Universitas Malahayati.

Saat ditemui tim malahayati.ac.id, di Ruang Dosen tadi pagi dengan menggunakan jilbab berwarna merah muda, dengan bros berbentuk bunga mawar putih membuatnya semakin terlihat anggun. Jam tangan berwarna silver juga ikut menghiasi tangannya.

Ana, begitu ia disapa, memulai pendidikan formal di SDN 2 Sukarame, Bandar Lampung dan melanjutkan SLTPN 4 lalu menamatkan sekolah SMAN 3 di Bandar Lampung. Setelah tamat sekolah, ia melanjutkan kembali pendidikan DIII dan DIV Kebidanan di Poltekes Tanjung Karang dan meneruskan Strata dua Program Magister Kesehatan Masyarakat di Universitas Malahayati.

Sebelum bergabung dengan Universitas Malahayati di tahun 2011, tepatnya 4 Agustus 2011. Ia pernah bekerja sebagai Staf Rumah Sakit DKT Bandar Lampung tahun 2008-2011. Ia juga sempat mengajar di Akademi Kebidanan Alifa Pringsewu pada tahun 2010-2011.

Di malahayati sendiri, ia mengajar matakuliah Keterampilan Dasar Kebidanan dan Asuhan Neonatus, Bayi dan Balita. Wanita yang sudah memiliki seorang putri berusia 2 tahun ini mengatakan, rasa kekeluargaan yang kuat antara mahasiswa, dosen maupun karyawan membuatnya begitu nyaman berada di Universitas Malahayati. Pihak Universitas yang sering mengadakan pelatihan dan seminar kesehatan juga membuatnya bertambah ilmu dan pengalaman, yang nantinya akan di transfer ke mahasiswa.

Nama baik almamater, profesionalisme dan penggunaan waktu secara efektif dan efisien tak bosan ia sampaikan kepada para mahasiswa. Agar mereka dapat lulus dengan tepat waktu dan mampu mengaplikasikan semua ilmu di dunia kerja dan masyarakat.

“Jagalah nama baik almamater, jadilah bidan yang profesional, beretika, dan religius. Aplikasikan semua ilmu yang sudah kalian dapat untuk mengabdi kepada masyarakat. Jangan sampai waktu terbuang percuma hanya untuk bersantai, dan hura-hura. Manfaatkan waktu sebaik mungkin agar lulus tepat waktu. Jangan lupa tingkatkan prestasi baik akademik dan non akademik ya,” ujarnya berpesan kepada mahasiswa dan alumni keidanan Universitas Malahayati.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *