Sutriani: Utamakan Disiplin dan Etika

MAHASISWA Diploma III dan IV Kebidanan Universitas Malahayati sedang disibukkan dengan praktik klinik (dinas) yang menjadi salah satu kegiatan wajib mereka.

Sutriani, mahasiswi asal Mesuji ini menggunakan seragam kebidanan saat berbagi pengalaman dengan wartawan malahayati.ac.id di Ruang RB Media, Kampus Universitas Malahayati, Bandar Lampung Senin 7 September 2015.

Tria, begitu ia akrab disapa. IA menjalankan dinas di Rumah Sakit DKT Bandar Lampung, lebih tepatnya ia ditempatkan di bagian ruang operasi.

“Di Rumah Sakit DKT sangat disiplin. Pengalaman di sini sangat berkesan, saya memiliki kesempatan melihat kegiatan operasi berlangsung,” ujarnya.

Selain itu, Tria juga dikenalkan dengan alat-alat Sectio Caisaria (SC) dan cara membersihkannya serta cara menstrilkannya.

Tria menjelaskan, praktik di rumah sakit tentara tak hanya menguasai ilmu kesehatan, tetapi juga ada Peraturan Baris Berbaris (PBB) dasar . “Ini rumah sakit tentara yang melayani pasien dinas (dari kesatuan dibawah Korem 043) serta pasien Umum termasuk pasien BPJS,” katanya.

Ia juga berbagi tips untuk adik tingkatnya yang akan terjun untuk berdinas.  “Buatlah laporan pendahuluan, mengenal ruangan tempat dinas dan alat-alat di sana serta kegunaannya,” ujar Tria.

Tria Menambahkan, “penguasaan materi serta persiapan mental itu perlu tetapi utamakan Etika dan Disiplin dan jaga nama baik kampus karena ketika kita beretika maka kita akan dihargai.”

Gadis kelahiran 1 Maret 1992 ini adalah mahasiswi Diploma III Kebidanan Universitas Malahayati.Ia mengaku bangga kuliah di sini. “Asrama dan fasilitasnya sangat memadai dan nyaman. Dosen-dosen yang berkompeten sangat baik dalam membimbing kami,” ujar Tria menambahkan.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + three =