Ini Dia Ujian Praktik Mahasiswa Kebidanan

ASUHAN Persalinan Normal (APN). Salah satu kegiatan ujian praktik dari mahasiswa Fakultas Kedokteran khususnya diploma III dan IV Kebidanan. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Laboratorium Universitas Malahayati dari 8-11 September 2015.

“Kegiatan ini menguji mahasiswa bagaimana menangani persalinan normal dan kejadian kegawatdaruratan/ kelainan pada pasien. Dengan 5 metode dan 58 langkah,” ujar Rosmiyati,SSiT.,M.Kes, dosen penguji praktik.

Praktik ini terdiri dari 5 mahasiswa dalam satu kelompok. Setiap mahasiswa harus menjalani praktik dengan lima metode yaitu persalinan normal, plasenta manual, atonia uteri, penjahitan perineum dan resusitasi bayi baru lahir.

Rosmiyati menambahkan, dalam praktik ini terdapat critical point yaitu poin dimana mahasiswa tidak boleh melakukan kesalahan dan harus menjalani sesuai prosedur secara berurutan. Apabila tidak sesuai maka akan berakibat fatal.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan mental dan kemampuan para mahasiswa kebidanan dalam menghadapi pasien sebenarnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − fifteen =