Rosmiyati: Jadilah Bidan yang Baik

Kesibukan yang sedang dikerjakan oleh dosen penguji praktik kebidanan ini terlihat jelas pada raut wajahnya. Meskipun begitu ia sesekali memberikan pengarahan kepada mahasiswanya dengan sedikit melontarkan senyum keseriusannya.

Bernama lengkap Rosmiyati,SSiT.,M.Kes.,sudah bergabung dengan Malahayati sejak 2008 dan ia merupakan salah satu tenaga pengajar untuk program studi kebidanan. Ia ditemui malahayati.ac.id di Ruang Laboratorium Universitas Malahayati saat menguji ASUHAN Persalinan Normal (APN). Rabu, 9 September 2015.

Ia memulai pendidikan DI dan DII Akademi Kebidanan di Poltekkes Tanjung Karang, lalu melanjutkan DIV Stikes Mitra Ria Husada di Jakarta. Ia menjadi dosen pengampuh mata kuliah konsep kebidanan, kebidanan komunitas dan etika.

“Menjadi bidan itu harus benar-benar memiliki niat dan jangan pernah melakukan belajar itu setengah-setengah, ketika sudah masuk niatkan untuk benar-benar fokus dan belajar dengan sungguh-sungguh, karena dengan belajar semua pasti tercapai,” ujarnya sebagai harapan kepada mahasiswi.

Ia juga menambahkan, memiliki etika baik, agama, disiplin dan bergaul dengan benar merupakan kunci bagi keberhasilan.

“Universitas Malahayati juga sangat bagus dan baik karena memiliki asrama, dari sini kita bisa mendidik kedisiplinan mahasiswi yang tinggal di asrama dan dalam pemantauan dari pihak dosen maupun dari pihak asrama harus terus bekerja sama,” ujranya.

Apa semestinya yang dilakukakan mahasiswa kebidanan terkait bidang keilmuwan?
“Rajin belajar dan membaca, tanpa membaca dan tanpa belajar mereka pasti tidak akan berhasil apalagi kebidanan harus menguasai teori dengan praktik, teori dengan praktik juga harus seimbang tanpa praktik juga tidak akan berhasil, dan tanpa adanya teori juga tidak akan berhasil,” ujarnya.

“Tidak akan ada duka, yang ada melainkan suka karena jika kita melakukannya dengan ikhlas maka duka selama kita menempuh perjalanan menuntut ilmu itu pasti tidak akan ada dan jadilah bidan yang baik,” pesannya kepada mahasiswinya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 4 =