Bang Yan; Perekayasa Mekanika dari Teknik Sipil

Ir Yan Juansyah DEA merupakan salah satu Dosen Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Malahayati. Ia biasa disapa Bang Yan. Bergabung dengan Universitas Malahayati sejak 2003 silam.

Setelah menamatkan pendidikan dasar di Sekolah Dasar Xaverius Baturaja, Sumatera Selatan, dia lalu merantau ke Bandar Lampung untuk menyelesaikan pendidikan menengah di SMP Persit dan SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Pendidikan teknik sipil dia raih di Fakultas Teknik Universitas Lampung dan pasca sarjana di University De Caen France.

Dosen yang juga Pembina Resimen Mahasiswa (MENWA) biasa disebut ” Dosen Preman” karena penampilannya yang apa adanya. Ayah dari dua orang anak ini pernah menjadi Ketua Program Jurusan Teknik di Kampus Hijau Unimal. Penampilan yang tegas kerap diterapkan saat mengampu mata kuliah Mekanika Rekayasa 1 – 3.

“Mata kuliah Mekanika Rekayasa memang pelajaran murni  dan kunci dari segala mata kuliah. Dalam  dunia nyata jika terjadi kesalahan sedikit pasti akibatnya akan fatal,”  kata dia saat ditemui  di ruang perpustakaan, Sabtu, 12 September 2015.

Prinsip kejujuran dan ketegasan benar-benar dia terapkan dalam menilai mahasiswa. Nilai sesuai kemampuan mahasiswa. “Jadi mahasiswa harus dapat merekayasa dengan benar untuk mata kuliah ini,” kata dia sambil berpesan agar alumni bisa menjadi contoh yang baik dan menjaga almamater dimana pun berada. []

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *