Begini Universitas Malahayati dalam Mengelola Air

AIR BERSIH adalah salah satu kebutuhan hidup yang sangat penting bagi kehidupan karena air sangat berpengaruh dalam kehidupan seperti mandi, mencuci, dan sebagainya. Terkadang timbul masalah yang terjadi seperti disebabkan oleh alam musim kemarau atau karena ulah manusia dengan penggunaan yang tidak sesuai atau berlebihan.

Universitas Malahayati sangat mengutamakan dan sangat peduli dalam pengolahan air. Kebutuhan Kampus Universitas Malahayati dan Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin misalnya, sangat membutuhkan pasokan air bersih cadangan untuk menghindari terjadinya kekurangan air.

Miswan, laiki-laki berusia 30 tahun ini merupakan pengurus sistem pengolahan air di Universitas Malahayati. Ia banyak memberikan informasi kepada malahayati.ac.id. Saat ditemui ditempat pengolahan air di halaman Danau Universitas Malahayati, ia sedang membersihkan tempat pengolahan air itu.

“Pengolahan air bersih cadangan yang dilakukan Universitas Malahayati sudah sangat modern,” ujarnya.

Ia menjelaskan, penolahan air bersih cadangan ini menggunakan filter air atau penyaringan air pada prosesnya. Filtrasi yang memanfaatkan dari sumber mata air yang mengalir lalu akan diproses dalam tabung water treatment yang berisi 3 level. Level pertama penyaringan air dengan menggunakan batu koral, lalu melewati level kedua dengan pasir kwarsa dan yang terakhir dengan arang.

Setelah di proses dalam tabung water teratment. Air akan melewati pipa lalu di akan di filtrasi kembali dalam tabung kedua dan air siap ditampung dalam tower bak penampungan air.

Pengolahan air ini selalu mengalami perawatan setiap harinya. Seperti, dimusim kemarau kali ini pengolahan air ini sangat berguna.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *