Bersiap Dengan Musim Kemarau

Perubahan suhu yang mengiringi pergantian musim memang memaksa tubuh untuk beradaptasi dengan ekstra. Siang hari yang terasa panas dan malam yang begitu dingin mempengaruhi daya tahan tubuh. Tentunya dapat menjadikan tubuh rentan terserang penyakit.

“Ya, banyak penyakit yang timbul akibat musim kemarau ini. Seperti penyakit Insfeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), radang tenggorokan, dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh dan lain-lain,” ujar dr.Zulhafis Mandala kepada malahayati.ac.id saat ditemui di Kabara FoodCourt, Universitas Malahayati Sabtu 19 September 2015.

Pria yang akrab disapa dr.Zuhafis ini mengatakan penting jaga kesehatan saat musim kemarau, seperti konsumsi air yang cukup yaitu 8 gelas dalam sehari. Tak lupa iringi olahraga yang cukup untuk menjaga tubuh tetap bugar dan tak mudah terserang penyakit.

Musim kemarau identik dengan debu yang bertebaran. Lindungi dengan masker jika hendak beraktivitas di luar, untuk mencegah penyakit ISPA. Gunakan pakaian yang mampu menyerap keringat agar tak iritasi. Dan cuci tangan setelah beraktivitas untuk mencegah penyebaran bakteri berbahaya.

Zulhafis menambahkan, untuk makanan tak ada yang perlu dihindari saat musim kemarau. Hanya saja lebih menjaga makanan tetap higienis dan konsumsi makanan yang mengandung cukup vitamin.

“Sebaiknya konsumsi suplemen atau multivitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh,” ujar dokter yang juga dosen Universitas Malahayati.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *