Tumpal Ojahan; Dosen Teknik yang Mencintai Mesin

PERAWAKAN tegap, kulit putih bersih dipadukan dengan kemeja coklat bergaris. Wajah garang khas Sumatera Utara berbanding terbalik pembawaan yang ramah dan tenang. Saat ditemui di ruang dosen Fakultas Teknik, Selasa 22 September 2015, ia nampak bersemangat.

Tumpal Ojahan R, akrab disapa Tumpal merupakan dosen Fakultas Teknik. Ia berasal dari Tapanuli Utara. Bergabung dengan Universitas Malahayati sejak tahun 1999. Sejak begabung 16 tahun yg lalu, ia telah mengampu beberapa mata kuliah seperti mekanika kekuatan material , material teknik, elemen mesin dan lain-lain. Mesin dan otomotif memang passionnya sejak dulu. Ia mengaplikasikan ilmunya dengan mengajar tentang material mesin sebagai penyaluran passionnya itu.

Tumpal adalah lulusan SMAN 28 Bandung. Ia mendapat gelar sarjana tekniknya di Universitas Jenderal Ahmad Yani. lalu mengambil gelar Magister teknik di Universitas Sriwijaya. Uniknya, ternyata ia memiliki gelar Sarjana Ekonomi, hanya saja tidak ia sisipkan karena bukan keilmuannya.

Untuk urusan jam terbang mengajar, ia sudah termasuk makan asam garam. Ia pernah mengajar di berbagai Sekolah Menengah Kejuruan, Beberapa Perguruan Tinggi Swasta, salah satunya Malahayati.

Selain mengajar didalam kelas, ia juga sebagai pembina dan pembimbing berbagai praktikum mahasiswa teknik mesin. Praktikum itu juga selalu menghasilkan karya yang cukup membanggakan seperti Gokart.

“Saya sangat bangga dengan mahasiswa kita, mereka memiliki kreativitas yang luar biasa. Kemauan mereka yang kuat, membuat saya bersemangat mengawal setiap keinginan mereka untuk menciptakan karya. Gokart adalah karya nyata buah kerja keras mereka,” ujarnya.

Tumpal berharap Universitas Malahayati lebih memperhatikan mahasiswa teknik. Laboratorium Teknik harus lebih lengkap dari sekarang. Sehingga potensi mahasiswa teknik bisa tereksplor dengan optimal.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *