Mengatur Keuangan? Jangan Besar Pasak daripada Tiang

MENGATUR keuangan menjadi hal terpenting dalam kehidupan manusia. Terutama bagi anak perantauan yang jauh dari pengawasan orang tua. Tentunya sulit bagi mereka yang tak mengerti bagaimana mengelolanya.

“Untuk mengatur atau mengelola keuangan dibutuhkan perencanaan dan pengendalian keuangan itu sendiri,” ujar Lestari Wuryanti SE MM kepada malahayati.ac.id saat ditemui di Ruang dosen Fakultas Ekonomi, Universitas Malahayati Selasa 22 September 2015.

Wanita yang akrab disapa Tari ini mengatakan, sebenarnya tanpa disadari sebagian orang telah menerapkan pengelolaan uang sejak dini. Hanya saja dengan kebutuhan hidup yang semakin meningkat, diikuti pola hidup konsumtif maka manajemen keuangan harus benar-benar diperhatikan. Dengan memprioritaskan kebutuhan utama terlebih dahulu.

Tari merupakan dosen manajemen yang salah satunya mengampu mata kuliah budgeting. Ia menyarankan untuk melakukan penganggaran keuangan secara efektif dan efisien. “Jangan sampai lebih besar pasak dari pada tiang,” ujarnya.

Tari menambahkan, hindari makanan cepat saji. Meski lebih hemat namun bila kesehatan terganggu, maka ada biaya lebih yang harus dikeluarkan. Khususnya anak perantauan yang kerap sekali mengkonsumsi makanan cepat saji.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + fourteen =