5 (Lima) Prinsip P3T

  1. Prinsip Proposional & Operasional
  2. Prinsip Pelayanan Prima
  3. Prinsip Integrasi pelayanan Administrasi  Akademik
  4. Prinsip Membangun EPSBED dengan tampilan data yang di up date
  5. Prinsip Memberi kepuasan kepada pihak terkait

 

SUSUNAN ORGANISASI PUSAT  PELAYANAN PENDIDIKAN TERPADU

  1. KEPALA P3T
  2. BAGIAN  PELAYANAN  ADMINISTRASI  KRS
  3. BAGIAN  PELAYANAN  ADMINISTRASI  PERKULIAHAN
  4. BAGIAN  PELAYANAN  ADMINISTRASI  PENGOLAHAN NILAI
  5. BAGIAN  PELAYANAN  ADMINISTRASI  AKADEMIK DAN AKHIR  STUDI
  6. BAGIAN  PELAYANAN  PELAPORAN EPSBED

 

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB P3T

  1. P3T adalah unsur pelaksana teknis dan administrasi yang berfungsi mendukung kegiatan pelaksanaan pendidikan dan pengajaran di lingkungan Universitas.
  1. P3T dipimpin oleh seorang Kepala yang bertanggungjawab kepada kepala Biro Administrasi Akademik.
  2. Dalam melaksanakan kegiatan, kepala P3T dibantu oleh Bagian-bagian Pelayanan Administrasi Akademik
  1. Tugas P3T adalah
  1. Merencanakan dan melaksanakan Pelayanan Administrasi Akademik di lingkungan Universitas.
  2. Membuat perangkat yang diperlukan dalam pelaksanaan Administrasi Akademik.
  3. Memonitor pelaksanaan pelayanan Administrasi Akademik di lingkungan Universitas.
  4. Melakukan Evaluasi pelaksanaan pelayanan Administrasi Akademik.
  5. Melaporkan pelaksanaan pelayanan Administrasi Akademik secara berkala kepada kepala Biro Administrasi Akademik
  1. BAGIAN PELAYANAN ADMINISTRASI KRS
  1. Bagian Pelayanan Administrasi KRS adalah unsur pelaksana teknis yang berfungsi mendukung kegiatan pengajaran dalam bidang KRS.
  2. Bagian Pelayanan Administrasi KRS bertanggungjawab kepada kepala P3T
  1. Tugas Pokok Bagian Pelayanan Administrasi KRS adalah :
  1. Menyiapkan Data tebaran mata kuliah yang ditawarkan pada semester Ganjil/Genap untuk KRS Online (form tebaran mata kuliah)
  2. Verifikasi tebaran matakuliah  Ganjil/Genap KRS Online berdasarkan penyesuaian dari Prodi (form verifikasi)
  3. Menyiapkan dan menyerahkan Buku KRS/PA kepada Mahasiswa (buku PA)
  4. Melakukan Validasi cetakan KRS Mahasiswa yang telah mahasiswa cetak (form KRS)
  5. Menyiapkan data untuk kepentingan Bagian Perkuliahan
  6. Menyiapkan data yg diperlukan bagian pelayanan pelaporan dan ESPBED

 

  1. 2. BAGIAN PELAYANANADMINISTRASI PERKULIAHAN
  1. Bagian Pelayanan Administrasi Perkuliahan adalah unsur pelaksana teknis yang berfungsi mendukung kegiatan pengajaran dalam bidang pelaksanaan Perkuliahan ( Penjadwalan , Absensi, ujian tengah semester dan akhir semester )

 

  1. Bagian Pelayanan Administrasi Perkuliahan bertanggungjawab kepada kepala P3T
  1. Tugas Pokok Bagian Pelayanan Administrasi Perkuliahan adalah :
  1. Menyiapkan peta alokasi ruang dan durasi waktu (form ruang & waktu)
  2. Mengecek kesiapan ruang kuliah dan kelengkapan fasilitas ruang kuliah
  3. Menyiapkan Media dan sarana perkuliahan (Kunci ruang, Remote AC, LCD, Spidol, Penghapus dan air minum)
  1. Menyampaikan Permohonan Jadual dan Draft Jadual kepada Prodi (form surat ke prodi & draft jadwal)
  2. Membuat Jadual Gabungan sementara. (Form Jadual  Gabungan)
  3. Membuat Jadual sementara, dan diserahkan pada Prodi untuk divalidasi. (Form jadwal sementara)
  4. Membuat jadual Tetap (form jadwal gabungan)
  5. Membuat SK Mengajar untuk ditandatangani oleh Dekan (form surat keputusan)
  6. Menyiapkan Surat pemberitahuan mengajar (surat pemberitahuan mengajar)
  7. Membuat daftar hadir Dosen(form daftar hadir dosen)
  8. Membuat daftar hadir mahasiswa (form daftar hadir mahasiswa)
  9. Membuat Rekapitulasi  kehadiran Dosen (rekap kehadiran dosen)
  10. Menyampaikan rekapitulasi kepada kepala P3T, diteruskan ke prodi/fakultas untuk evaluasi, dan bagian keuangan/BAU untuk pembayaran honor mengajar dan transport
  11. Menyusun jadual serta pengawas UTS/UAS (form jadual)
  12. Mencetak dan membagikan  Kartu UTS/UAS (kartu ujian)
  13. Menyiapkan amplop soal UTS/UAS (form absen, berita acara, Nilai dan lembar jawaban)
  14. Membuat Surat Pemberitahuan UTS/UAS kepada Prodi/Dosen (form surat pemberitahuan)
  15. Menerima dan memperbanyak Soal UTS/UAS dari masing-masing dosen (form tandaterima)
  16. Membuat jadual pelaksanaan  UTS/UAS (form jadual)
  17. Menyerahkan berkas soal kepada dosen untuk pelaksanaan UTS/UAS (form tandaterima)
  18. Menerima berkas hasil pelaksanaan UTS/UAS, lalu menyerahkan kembali lembar jawaban dan embuat nilai kepada dosen untuk dikoreksi (form tandaterima)

 

3.BAGIAN PELAYANAN  ADMINISTRASI PENGOLAHAN NILAI &  KONVERSI

  1. Bagian Pelayanan Administrasi Pengolahan Nilai dan Konversi  adalah unsur pelaksana teknis yang berfungsi mendukung pengajaran dalam bidang Pengolahan Nilai dan Konversi

 

  1. Bagian Pelayanan Administrasi Pengolahan Nilai dan Konversi bertanggungjawab kepada kepala P3T
  1. Tugas Pokok Bagian Pelayanan Administrasi Pengolahan Nilai dan Konversi  adalah :
  1. Mengingatkan dosen untuk menyerahkan nilai akhir, sesuai batas waktu yang ditentukan.
  2.  Menerima nilai akhir dari dosen, yang telah mendapat validasi dari Ka.Prodi/wakil dekan  (form tandaterima)
  3. Menyerahkan copy nilai akhir  kepada bag. Pelayanan Komunikasi & Konsultasi untuk di publikasi (copy nilai matakuliah)
  4. Menginput nilai Akhir kedalam Siakad
  5. Cetak KHS dan diserahkan ke Kepala P3T untuk  divalidasi lalu diserahkan ke Kepala BAA dan Prodi (form KHS)
  6. Distribusi KHS (yang telah divalidasi oleh P3T, BAA, dan Prodi) kepada mahasiswa.(form KHS)
  7. Menerima dan mengimput nilai ujian sidang Skripsi/KTI/Tesis (Form nilai)
  8. Menginputkan Nilai konversi yang telah divalidasi Prodi (form konversi)
  9. Memeriksa/meneliti Nilai-nilai untuk pencetakan transkript sementara (form transkript)
  10.  Melayani pembuatan transkript sementara (keperluan  pindah)
  1. BAGIAN PELAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK DAN AKHIR STUDI
  1. Bagian Pelayanan Administrasi Akhir Studi adalah unsur pelaksana teknis yang berfungsi mendukung pengajaran dalam bidang administrasi akhir studi (ujian sidang, pencetakan Ijazah dan Transkript

 

  1. Bagian Pelayanan Administrasi akhir studi bertanggungjawab kepada kepala P3T
  1. Tugas Pokok Bagian Pelayanan Administrasi Akademik dan akhir studi  adalah :
  1. Administrasi Akademik :
  2. Melayani Surat Keterangan Mahasiswa (form surat keterangan)
  3. Melayani Surat Cuti Mahasiswa (form surat cuti)
  4. Melayani Surat Pindah Universitas (form surat pindah)
  5. Melayani Surat Pindah Jurusan
  6. Surat Pengajuan Surat Pengajuan Bebas Akademik, Keuangan dan SPP 50%
  7. Memeriksa dan mengoreksi kelengkapan berkas peserta Yudisium
  8. Pelayanan pendaftaran Wisuda
  1. Melayani Administrasi pengajuan Judul Skripsi/KTI/Tesis (form surat permohonan ).
  2. Melayani Administrasi pengajuan Ujian sidang Skripsi/KTI/Tesis (form surat permohonan).
  3. Melayani Administrasi Yudisium

1). Form Surat Permohonan Yudisium

2). Form Pernyataan Penulisan nama dalam Ijazah dan Transkript

  1. Melayani Administrasi Pencetakan Ijazah dan Transkript

1).  Form Surat Permohonan Validasi data lulusan ke Prodi

2).  Pencetakan draft Ijazah, Transkript dan Surat Pernyataan

3).  Distribusi draft Ijazah, Transkript dan Surat Pernyataan ke mahasiswa

4).   Pengembalian draft Ijazah, Transkript dan Surat Pernyataan dari mahasiswa

5).  Validasi data lulusan.

6).  Laporan hasil validasi kepada Rektor Cq. WR.I (Surat Laporan)

7).  Persetujuan Rektor Cq. WR.1 tentang validasi

8).  Registrasi Ijazah & Transkript (Form Registrasi)

9).  Pencetakan Ijazah dan Transkript

10).  Koreksi/validasi oleh kepala P3T

11). Pengajuan Tandatangan Dekan (Surat permohonan tandatangan)

12). Verifikasi Final WR.I (Surat permohonan verifikasi laporan)

13). Pengajuan Tandatangan Rektor

14). Distribusi Ijasah & Transkript (Form Tanda Terima)

  1. Melayani Legalisirncetak
  2. Mencetak Dokumen Sumpah Dokter dan Profesi

 

  1. 7. BAGIAN PELAYANAN ADMINISTRASI PELAPORAN/EPSBED
  1. Bagian Pelayanan Pelaporan/EPSBED adalah unsur pelaksana teknis yang berfungsi mendukung pengajaran dalam bidang Pelaporan EPSBED
  1. Bagian Pelayanan Pelaporan/EPSBED bertanggungjawab kepada kepala P3T
  1. Tugas Pokok Bagian Pelayanan Pelaporan/EPSBED adalah:
    1. Menerima / mengimput data dari bagian  Pelayanan KRS.
    2. Menerima / mengimput data dari Bag.  Pengolahan  Nilai
    3. Mengolah , menyiapkan data EPSBED dan mengusulkan/melaporkan kepada P3T,  Ka.BAA dan Wakil Rektor I untuk mendapat  verifikasi/persetujuan
    4. Mengirimkan data yang  telah diverifikasi ke kopertis/dikti