Yayasan Alih Teknologi mempunyai komitmen tinggi terhadap kemajuan bangsa, mengambil langkah maju yaitu mendirikan sebuah perguruan tinggi swasta (PTS) yang diberi nama Universitas Malahayati. Fakultas Ekonomi Universitas Malahayati mempunyai 2 program studi yaitu Manajemen dan Akuntansi.

Pesatnya kemajuan di bidang teknologi dewasa ini, khususnya teknologi informasi, telah mengubah banyak struktur geopolitik, kebudayaan dan pendidikan itu sendiri. Perubahan-perubahan besar yang diindikasikan oleh lingkungan yang turbulent, telah memicu dan memacu proses globalisasi, sampai saat ini proses globlisasi telah mempengaruhi semua lini kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia. Banyak aspek yang timbul akibat terjadinya globalisasi baik aspek positif maupun aspek negatif.

Implikasi dari kecenderungan proses globalisasi yang paling penting adalah globalisasi di bidang ekonomi yang ditandai dengan terbentuknya system perdangan bebas (free trade) baik secara menyeluruh (World Trade Organization) maupun dalam bentuk blok-blok perdangan bebas. Dalam kaitan itu maka Institusi Jasa Profesional seperti intitusi pendidikan termasuk Universitas Malahayati telah mempersiapakan Strategic Planning yang baik dan unggul, sehingga Universitas Malahayati diharapkan akan dapat memetik manfaat positif dari keadaan tersebut. Oleh karena itu, Universitas Malahayati, khususnya Fakultas Ekonomi menetapkan visi, misi dan tujuan sebagai berikut :

VISI

VISI FAKULTAS EKONOMI UNIMAL SEJALAN DENGAN VISI UNIMAL YAITU:
MENJADI FAKULTAS EKONOMI YANG UNGGUL, MEMILIKI KOMPETENSI SETARA NASIONAL, DAN INTERNASIONAL BERBASISKAN ETIKA-RELIGIUS DITAHUN 2020.

MISI

  1. MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN YANG BERMUTU DAN MENGHASILKAN LULUSAN YANG BERKOPETENSI BERBASIS ETIKA-RELIGIUS SESUAI DENGAN TUNTUTAN MASYARAKAT LOKAL, NASIONAL DAN INTERNASIONAL
  2. TERSEDIANYA SUMBER DAYA PENDUKUNG YANG MENUNJANG PROSES TRANSFORMASI ILMU.
  3. MENGEMBANGKAN KERJASAMA DENGAN BERBAGAI PIHAK BAIK DALAM MAUPUN LUAR NEGRI (STAKEHOLDER) UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING.
  4. MENUMBUHKEMBANGKAN JIWA WIRAUSAHA YANG BERETIKA-RELIGIUS.

SUASANA AKADEMIK
Sebagai lembaga pendidikan tinggi maka fakultas ekonomi beusaha menumbuhkan iklim akademik yang dinamis kepada mahasiswa dengan menyelenggarakan kuliah dan praktikum yang teratur. Jam kuliah dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB. Adapun beberapa mata kuliah yang harus didukung dengan kegiatan praktikum seperti praktikum komputer dan bahasa inggris. Praktikum ini dilakukan pada jam tersendiri dan dikerjakan pada laboratorium masing-masing dengan pendamping masing-masing dosen. Praktikum ini diarahkan untuk mata kuliah aplikasi yang menjadi sarana membentuk keterampilan mahasiswa dalam mengaplikasikan kosep dan teori yang didapatnya.

TENAGA PENGAJAR PRODI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MALAHAYATI

  1. Drs. ENDRO LUKITO, MM
  2. Dr. H. MARSAL USMAN, MM
  3. LESTARI WIJAYANTI,SE., MM
  4. Drs.RAYENDRA HERMANSYAH, MM
  5. ERNA LISTIANINGSI, S.E., M.Si
  6. DR. AGUS SUTARDJO,SE., M.Si  
  7. BAMBANG PURWANTO, SE, MM   
  8. NURBAITI, SE, MM     
  9. WIWIEK INDRIANI,SE, MM
  10. Dr.DANY AMRUL ICHDAN, SE., M.Si   

KUALITAS LULUSAN
Sebagai institusi pendidikan tinggi, lulusan menjadi sarana yang sangat stratejik untuk membangun kredibilitas institusi. Maka dari itu upaya peningkatan kualitas akademik terus kami lakukan secara sistematik serta berupaya terus meningkatkan kualitas proses belajar mengajar guna untuk menjaga kualitas lulusan secara berkesinambungan. Disamping itu dalam rangka pembinaan terhadap lulusan

Fakultas Ekonomi Universitas Malahayati, mengelola pengembangan karir bagai mahasiswa dan alumni. Sebagai wadah Alumni Universitas Malahayati telah terbentuk Ikatan Keluarga Alumni Universitas Malahayati yang mempunyai coordinator pada masing-masin Fakultas. Untuk menghadapi kecenderungan perkembangan teknologi dan era globalisasi, maka Fakultas Ekonomi Universitas Malahayati dan lulusan yang dihasilkan telah dibekali dengan beberapa aspek keunggulan yaitu berupa keterampilan computer dan bahasa inggris.Hal ini diharapkan agar lulusan Fakultas Ekonomi mampu menghadapi masalah yang timbul dalam dunia kerja.