Selamat Hari Pramuka Ke 61, “Pramuka Mengabdi Tanpa Batas, Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”

BANDARLAMPUNG (malahayati.ac.id) : Tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka Indonesia, jauh sejak tahun 1961 lalu. Jelas, gerakan Pramuka di Indonesia tidak bisa lepas dari peran bapak pramuka dunia, Boden Powell.

Lalu bagaimana Hari Pramuka kemudian menjadi peringatan nasional ? Hal ini didorong dengan keputusan presiden Soekarno kala itu, tanggal 9 Maret 1961, untuk membubarkan semua organisasi kepanduan di Indonesia. Kala itu terdapat tiga federasi berbeda, IPINDO, POPPINDO, dan PKPI.

Peleburan ini kemudian menyatukan ketiga organisasi tersebut dalam satu nama, Gerakan Pramuka. Hal ini dilegalkan dengan Keppres No. 238 Tahun 1961 tentang Gerakan pramuka yang ditandatangani pada 20 Mei 1961.

Gerakan Pramuka sendiri kemudian menjadi ekstrakulikuler wajib di sekolah lantaran nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Nilai kemanusiaan yang luhur, kerjasama, kolaborasi, hingga nilai filosofis tunas kelapa yang menggambarkan anggota pramuka, jelas menjadi alasan mengapa gerakan ini jadi ekskul wajib di banyak sekolah.

Selamat Hari Pramuka ke 61, 14 Agustus 2022

“Pramuka Mengabdi Tanpa Batas, Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa” (*)humasmalahayatinews

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *