Universitas Malahayati Gelar Sumpah Dokter Ke 61, Warek I Pesan Jaga Amanah Profesi

BANDARLAMPUNG (malahayati.ac.id) : Sebanyak 68 mahasiswa Fakultas Kedokteran Program Studi Pendidikan (Prodi) Dokter Universitas Malahayati mengambil sumpah dokter bertempat di Gedung Graha Bintang, Bandar Lampung, Rabu (10/8/2022). Pengambilan sumpah dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati dr. Toni Prasetia, Sp.PD., FINASIM dan diikuti oleh seluruh mahasiswa.
Wakil Rektor I Universitas Malahayati Muhammad, S.Kom., M.M., yang mewakili Rektor Universitas Malahayati mengatakan sangat bangga dengan hasil yang dicapai oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati. “Alhamdulillah, saya ucapkan selamat kepada para mahasiswa yang telah berhasil menempuh pendidikan dokter di Universitas Malahayati. Saya berpesan untuk selalu jaga nama baik almamater dan amanah dalam menekuni profesi dokter di tengah masyarakat,” kata Warek I dalam sambutannya.
Warek I menerangkan saat ini alumni Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati yang tersebar di seluruh Indonesia sekitar 3.187 dokter. “Jadi usia Fakultas Kedokteran Malahayati ini sudah terbilang lama, hal itu terlihat dari jumlah alumninya yang sudah tersebar di seluruh Indonesia. Dan dalam waktu dekat ini Fakultas Kedokteran akan mendapatkan Akreditas Unggul atau yang dulu disebut Akreditas A,” ujarnya.
Lanjut, Perwakilan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) Brigjen TNI AD (purn) drg. Nurdjamilsayuti, MARS., mengatakan bangga dengan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati yang terus mencetak dokter muda untuk dapat mengabdi kepada negeri. “Saya berharap kepada para dokter muda yang baru saja diambil sumpahnya untuk dapat mengadikan dirinya kepada masyarakat. Karena kita tahu daerah terpencil saat ini masih kekurangan dokter untuk mengatasi masalah kesehatan,” ucapnya.
Kemudian, Ia juga tidak lupa mengingatkan para dokter muda untuk nantinya dapat meningkatkan kompetensi selanjutnya. “Jadi ini awal, kalau bisa dokter muda ini melanjutkan menjadi spesialis. Ilmu yang akan didapatkan dan pengalaman akan bertambah,” kata Nurdjamil.
Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para dokter muda yang telah diambil sumpahnya. “Saat ini profesi dokter telah melekat dalam diri kalian seumur hidup. Saya berharap kalian dapat mengabdikan diri kepada masyarakat, dan harus menjunjung tinggi kode etik kedokteran,” ucap Toni.
Turut hadir pada kegiatan pengambilan sumpah dokter Ketua divisi pembinaan Konsil Kedokteran Indonesia KKI, Dr. dr Dollar, SP., KKLP, SH., MH., M.M, Dirut Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin, dr. Rachmawati, M.PH., Ka. Prodi Profesi dokter, dr. Muhammad Ibnu Sina, M.ked, Neu, SpN., Ka.Prodi Sarjana Kedokteran, dr. Sri Maria Puji Lestari, M.pd.Ked., dan Kepala Biro Administrasi Akademik, Tarmizi, SE.,. Serta, perwakilan dari beberapa instansi IDI Lampung, IDI Cabang Kota Bandar Lampung, Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek Provinsi Lampung, dan Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung. (***)humasmalahayatinews

1 reply
  1. Athar Alatas
    Athar Alatas says:

    Alhamdulillah selamat kepada para mahasiswa yang telah berhasil menempuh pendidikan dokter di Universitas Malahayati. semoga selalu jaga nama baik almamater dan amanah dalam menekuni profesi dokter di tengah masyarakat

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *