1.705 Mahasiswa Baru Universitas Malahayati Bandarlampung Ikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2022/2023

BANDARLAMPUNG (malahayati.ac.id): Sebanyak 1.705 Mahasiswa Universitas Malahayati Bandarlampung (Unmal) mengikuti  Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) bertempat di Graha Bintang Universitas Malahayati Bandarlampung. Rabu (28/9/2022).

Ketua panitia acara, Djunizar Jamaludin, S.Kep.,Ns.,MSN dalam laporannya mengatakan, PKKMB merupakan tahapan menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri.

Dalam proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi. “PKKMB dapat dijadikan momentum bagi mahasiswa baru untuk mendapat informasi yang tepat mengenai sistem pendidikan di perguruan tinggi. Baik bidang akademik maupun non-akademik,” katanya.

Djunizar mengatakan, kegiatan PKKMB diawali pemeriksaan Swab Antigen Covid-19 dan penerapan protokol kesehatan Covid-19. “Kegiatan ini berlangsung dari 28 sampai 29 September 2022. Kemudian pada Jumat, 30 September 2022 kegiatan dilakukan di masing-masing Prodi,” ucapnya.

Dalam kegiatan PKKMB materi yang disampaikan meliputi, visi misi Universitas Malahayati, pengenalan layanan mahasiswa tentang fasilitas penunjang akademik dan pemanfaatannya. Serta layanan keuangan, sosialisasi alur pelayanan rumah sakit, pengenalan kehidupan akademik perguruan tinggi dan proses layanan akademik.

Selain itu, materi lainnya, pengenalan layanan mahasiswa tentang organisasi Universitas Malahayati. Serta, prospek dunia kerja perguruan tinggi di era industri 4.0 dan kehidupan kampus pada masa pandemi.

Pada sesi berikutnya, materi mengenai Visi Misi Universitas Malahayati diberikan oleh Dr. Achmad Farich, dr., MM selaku Rektor Universitas Malahayati Bandarlampung. Rektor menjelaskan secara detail mengenai Visi Universitas Malahayati yaitu menjadi Universitas unggul berstandar International dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berbasis etika-religius.

Rektor juga menyampaikan misi Universitas Malahayati, menyelenggarakan pendidikan tinggi yang bermutu dan beretika religius, melakukan penelitian dalam bidang ilmu dan teknologi secara berkelanjutan, melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan institusi lain dalam dan luar negeri.

Rektor juga mengenalkan sejarah perkembangan awal mula Kampus Universitas Malahayati berdiri, hingga pengenalan menyeluruh tentang fasilitas-fasilitas kampus.

“Universitas Malahayati berdiri sejak 1994, dan kini sudah terdapat 5 Fakultas dan 20 Program Studi”, ujar Rektor.

“Universitas Malahayati juga menyediakan fasilitas-fasilitas dalam menunjang perkuliahan dan terdapat UPT Perpustakaan seluas 7000m2, Laboratorium berstandar tinggi, serta ruang perkuliahan yang nyaman”, sambungnya.

Rektor pun menambahkan, untuk kehidupan di dalam Kampus terdapat kamar-kamar asrama, dan fasilitas-fasilitas olahraga outdoor maupun indoor”, lanjutntya.

Rektor berpesan untuk para mahasiswa baru agar semangat dalam menimba ilmu, belajar yang serius karena kedepannya kita akan menghadapi rintangan yang cukup besar dalam dunia kerja, semoga kita semua yang menjadi lulusan Universitas Malahayati akan sukses selalu kedepannya. (***)humasmalahayatinews

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *