Dosen dan Mahasiswa Universitas Malahayati Bandarlampung Sosialisasi Pengelolaan dan Strategi Pemasaran Gula Aren Cair

BANDARLAMPUNG (malahayati.ac.id): Dosen dan mahasiswa Universitas Malahayati Bandarlampung mengadakan sosialisasi tentang pengelolaan dan strategi pemasaran di industri kecil Mosseri Palm Sugar di Desa Srimanganten, Kecamatan Pulau Panggung, Tanggamus.

Pada 23 September 2022 dilakukan sosialisasi pengelolaan dan pengemasan gula aren cair yg juga bekerjasama dengan Siti Maryam Vista sebagai narasumber yang telah berpengalaman dengan gula cair.

Sebelumnya sudah dilakukan pengujian laboratorium. Kemudian disosialisasikan kepada empat karyawan bagian produksi Mosseri Palm Sugar dengan melakukan pelatihan. Pelatihan dilakukan bagaimana memproduksi gula aren cair dengan benar. Menggunakan pengaturan suhu pemasakan sehingga dapat memperoleh kadar air yang kurang dari 10 persen.

Produk gula aren cair ini memiliki masa simpan yang cukup panjang dan tetap memenuhi persyaratan. Kemudian karyawan diajarkan untuk melakukan pengemasan yang tepat agar masa penyimpanan lebih tahan lama.

Sementara, Senin, 26 september 2022, tim melakukan sosialisasi strategi pemasaran. Kegiatan bekerjasama dengan narasumber Windu bibik kuweh. Di mana, mitra diberikan pemahaman terkait pemasaran offline dan online.

Untuk offline diberikan pemahaman dengan melakukan pameran. Kemudian online diajarkan untuk membuat  e-commerce. Salah satu yang diajarkan adalah membuat akun Tokopedia. Moserri Palm Sugar dirintis sejak tahun 2000. Awalnya hanya penampung gula aren biasa yang didistribusikan ke pasar tradisional wilayah Bandar Lampung dan sekitarnya.

Seiring berjalannya waktu, Moserri Palm Sugar ini terus berkembang pesat dan kini distribusinya mampu menembus luar daerah Lampung. Yaitu Jakarta dan Jawa Barat. Gula hasil pengolahan secara konvensional berbentuk padat dan cukup keras yang mengharuskan para konsumen untuk mengiris dan melarutkannya terlebih dahulu sebelum digunakan.

Hal ini dinilai tidak efisien bagi konsumen, sekaligus bagi para produsen gula tradisional. Dengan semakin merebaknya beberapa brand minuman sepeti chatime, hop-hop, kopi janji jiwa, kopi ketje dan lain-lain yang menyediakan menu dengan pemanis dari gula aren dan merupakan salah satu menu yang banyak diminati.

Gula aren cair terbuat dari gula aren cetak yang dicairkan dengan tingkat kekentalan tertentu dan menjadi praktis buat dikonsumsi semua kalangan dan umur. Dengan begitu produk dari industri rumahan ini diharapkan dapat bersaing di pasar lokal, nasional bahkan internasional dengan dukungan peralatan yang sesuai standar.

Gula aren cair ini memiliki keistimewaan tersendiri karena kekhasannya dalam segi rasa dan aroma serta nilai gizi yang dikandung pun sangat baik yaitu protein, kalsium, fosfor dan zat besi yang jauh lebih tinggi dibandingkan gula tebu ataupun yang sering disebut gula pasir.

Dukungan dari masyarakat dan pemerintah daerah setempat sangat dinantikan agar nantinya dapat memproduksi gula aren cair yang terstandarisasi dan mampu menjadi produk unggulan yang dapat menguasai pasar yang lebih luas. (**)humasmalahayatinews

3 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *