Rektor Universitas Malahayati Bandarlampung, Dr. Achmad Farich, dr., MM Dukung APTISI Bubarkan Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi

BANDARLAMPUNG (malahayati.ac.id): Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Seluruh Indonesia mengajukan keberatan atas terbentuknya Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi (LAM-PT). Hal itu dinilai LAM-PT berindikasi pada bisnis dan membebani Perguruan tinggi swasta.

Penasehat APTISI Wilayah II-B Lampung, Dr. Achmad Farich, dr. MM. mengatakan ada tiga tuntutan utama yang dilayangkan kepada pemerintah. “Pertama pembubaran LAM-PT karena saat ini menjadi lembaga akreditasi yang komersil, semuanya berbayar. Hal itu menjadi beban bagi perguruan tinggi swasta karena biaya besar yang harus dikeluarkan,” kata Dr. Achmad Farich, Rabu (28/9/2022).

Kemudian yang kedua, ucap Dr. Achmad Farich, penghapusan uji kompetensi yang merupakan syarat kelulusan. “Kita meminta agar uji kompetensi itu dikembalikan lagi ke perguruan tinggi. Biarlah pihak kampus yang menentukan kelulusannya,” ucap Dr. Achmad Farich yang juga Rektor Universitas Malahayati.

Yang ketiga, kata Achmad Farich, penghapusan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri di perguruan tinggi negeri. “Karena kita menilai prosesnya yang panjang untuk penerimaan mahasiswa. Karena kita menilai disitu ada celah untuk memperpanjang tahap penerimaan,” ujarnya.

Dia juga menambahkan pihak APTISI sudah membicarakan hal ini kepada DPR RI Komisi X. “Jika memang masih belum ada tanggapan kita akan melakukan aksi lebih besar lagi. Kami akan menggerakan mahasiswa yang ada di Universitas,” tutup Dr. Achmad Farich.

Rektor Universitas Malahayati Bandarlampung, Dr. Achmad Farich, dr., MM memberikan paparan dalam Podcast Humas Malahayati News, ingin tahu keseruannya ? Yuk simak selengkapnya di Youtube (Universitas Malahayati). (***)humasmalahayatinews

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *