World Mental Health Day 10 October 2022 “Make Mental Health an Well Being for All a Global Priority”

BANDARLAMPUNG (malahayati.ac.id) : Hari Kesehatan Mental Sedunia atau Hari Kesehatan Jiwa Sedunia jadi ajang peringatan tahunan yang jatuh setiap 10 Oktober. Peringatan ini diciptakan dan diasosiasikan langsung oleh lembaga kesehatan dunia bernama World Federation of Mental Health (WFMH).

Dikutip dari WFMH Global, negara-negara berpenghasilan tinggi memiliki laporan bahwa lebih dari 75 persen penduduknya yang mengidap depresi tidak menerima perawatan yang memadai. Dengan angka yang sama pula, negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah tidak memberikan pengobatan sama sekali kepada pengidap gangguan mental.

Melalui laman resminya, World Federation of Mental Health (WFMH) telah menetapkan “Make Mental Health & Well Being for ALL a Global Priority” sebagai tema Hari Kesehatan Mental Sedunia 2022. Tema ini dipilih berdasarkan pemungutan suara secara global, termasuk dari anggota WFMH, pemangku kepentingan, dan pendukung.

Alasan mengapa tema ini dipilih karena ia memiliki makna kesejahteraan orang-orang dengan gangguan mental yang kurang beruntung tidak hanya ditanggung oleh pemerintah saja, namun juga masyarakat umum. Dengan demikian, siapa pun dituntut harus peduli dengan kesehatan mental, apalagi dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini.

Tema Hari Kesehatan Mental Sedunia dapat berubah seiring dengan perkembangan zaman. Wanita, anak-anak, kesehatan, pekerjaan, trauma, bunuh diri, dan lain-lain terkait kejiwaan menjadi bagian dari topik yang selalu dikulik agar masyarakat memiliki wawasan lebih luas tentang kesehatan mental.

Ayo ! Tingkatkan kepedulianmu pada Hari Kesehatan Mental Sedunia 2022 agar harapan WFMH tidak pupus. Mari bersama-sama seraya mendalami dan membagikan informasi tentang kesehatan mental. (*)humasmalahayatinews

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *