UPT Balai Bahasa Universitas Malahayati Ikut Sukseskan Pemecahan Rekor Muri Tes TOEFL ITP

BANDARLAMPUNG (malahayati.ac.id) : UPT Balai Bahasa Universitas Malahayati Bandarlampung mendapat kepercayaan dari Indonesian International Education Foundation (IIEF) menjadi salah satu test center TOEFL ITP di Indonesia. Catatkan Rekor Muri pada 19 November 2022, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan hari jadi IIEF ke 40 tahun mengabdi di Indonesia.

Sebagaimana diketahui IIEF merupakan satu – satunya lembaga di Indonesia yang memegang hak tunggal distribusi soal TOEFL ITP. Tercatat lebih dari tiga ratus lembaga bahasa di seluruh Indonesia termasuk UPT Balai Bahasa Universitas Malahayati yang menjadi partner penyelenggaraan TOEFL ITP (test center).

Pemecahan rekor kali ini dilakukan dari sisi banyaknya lokasi (test center) yang menyelenggarakan ujian serentak di jam 08.30 WIB. Secara bersamaan UPT Balai Bahasa Universitas Malahayati memulai ujian TOEFL ITP paper based (luring). Kepala UPT Balai Bahasa Universitas Malahayati, Muhammad Rudy, M.Pd. menyambut baik program ini.

“Hal ini dapat menjadi gambaran kepercayaan IIEF kepada UPT Balai Bahasa Universitas Malahayati sebagai test center”. ujar Rudy.

Ia menambahkan tidak semua test center bisa berpartisipasi dalam agenda besar ini. “UPT Balai Bahasa Unmal bisa ambil bagian, artinya kami sudah memiliki posisi penting bagi IIEF sebagai test center di Provinsi Lampung”.

Ujian dikomandoi oleh seorang Supervisor dan satu orang Room Proctor. Syafik Arisandi, S.S., M.Kes. bertugas sebagai Supervisor dan Eko Purwati sebagai Room Proctor. Secara keseluruhan ujian berjalan lancar. Peserta berjumlah dua belas orang yang terdiri dari berbagai kalangan seperti mahasiswa, karyawan, dan dosen yang berasal dari berbagai daerah di Provinsi Lampung.

Salah seorang peserta yaitu Yuli menyatakan ia bersyukur UPT Balai Bahasa Universitas Malahayati menjadi test center TOEFL ITP di Lampung, sehingga ia tidak perlu pergi ke kota lain untuk ujian. Sebelumnya ia memiliki pengalaman ujian secara daring. Menurutnya ujian secara daring memiliki risiko tersendiri, meskipun telah melakukan pemeriksaan alat yang dibutuhkan, kendala teknis seperti jaringan internet yang tidak stabil saat tes dapat memecah konsentrasi peserta.

Saat ini UPT Balai Bahasa Universitas Malahayati sudah melayani dua kali tes rutin sejak Oktober 2022. Tes TOEFL ITP dilaksanakan rutin setidaknya satu kali dalam sebulan. Bagi peserta yang hendak mengikuti tes bisa mendaftar di https://s.id/ITPUnmal atau bertanya kepada bagian admininstrasi Di Jasmiadi di nomor WhatsApp 085277120209 atau telpon kantor 0721 271115.  (gil/humasmalahayatinews)

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *