Dosen Universitas Malahayati Lakukan Pendampingan Ibu Tentang Nutrisi Ibu Hamil dan Balita

BANDARLAMPUNG (malahayati.ac.id) : Dosen Universitas Malahayati Bandarlampung bersama mahasiswa, melaksanakan Pengabdian Masyarakat di Kelurahan Way Gubak,  Kecamatan Sukabumi, Bandarlampung, (7/12/2022).

Kegiatan ini bertempat di sekolah PAUD Way Gubak Atas, dengan keseluruhan peserta 100 orang. Narasumber ang dihadirkan Heny Ismiati dari BKKBN bagian Gizi Ibu Hamil dan Balita, narasumber juga anggota chef Indonesia. Narasumber kedua adalah Zarma H, SST., M.Kes berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Bagian Kesehatan Ibu dan Keluarga.

Kegiatan PkM ini, diketuai oleh Dr. Dessy Hermawan, S.Kep., Ns., M.Kes, dari Prodi Ilmu Keperawatan, dan beranggotakan Devi Kurniasari, SST, M.Kes dari Prodi D3 Kebidanan, Vira Sandayanti, S.Psi, M.Psi, Psikolog dari Prodi Psikologi serta Ibu Erna Listiyaningsih, PhD dari Prodi Manejemen serta dibantu oleh beberapa orang mahsiswa Universitas Malahayati.

Tujuan dari kegiatan pendampingan nutrisi/gizi pada ibu hamil, ibu menyusui dan ibu yang mempunyai balita adalah Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya gizi pada ibu hamil, menyusui dan ibu yang mempunyai anak balita untuk mencegah terjadinya stunting pada 1.000 hari pertama kehidupan. Memberikan pengetahuan dan pemahaman cara mengolah bahan yang sederhana yaitu daun kelor dan protein hewani (ikan) sehingga zat-zat yang terkandung didalamnya tidak hilang pada saat pengolahan bahan makanan menjadi makanan yang tinggi zat gizi. Terjadi perubahan prilaku ibu dan keluarga dalam pemenuhan dan pengolahan bahan makanan menjadi makanan yang menarik dan bergizi bagi ibu hamil, menyusui dan anak balita.

Pada masa kehamilan dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengadung zat gizi tertentu sebagai penunjang kesehatan ibu dan janin  maupun untuk keperluan perkembangan dan pertumbuhan janin. Zat gizi tersebut adalah makanan yang banyak mengandung zat besi dan asam folat. Zat besi dalam tubuh ibu hamil diperlukan untuk menjaga keseimbangan kadar haemoglobin dalam darah. Karena kadar haemoglobin ibu hamil yang normal adalah 11 gr%. Hemoglobin ini yang terkandung dalam sel darah merah mempunyai funsi mengikat oksigen dalam darah. Zat besi (Fe) berperan sebagai sebuah komponen yang membentuk mioglobin, yakni protein yang mendistribusikan oksigen menuju otot, membentuk enzim, dan kolagen. Selain itu, zat besi juga berperan bagi ketahanan tubuh.

Dr. Dessy Hermawan, S.Kep., Ns., M.Kes mengatakan dengan adanya kegiatan ini menjadi keberlanjutan program kegiatan Ibu Peduli Stunting di Posyandu dan dibawah monitoring evaluasi dari Ibu PKK Kelurahan Way Gubak, dan Bidan Desa.

“Sehingga dengan ini, akan terciptanya menu-menu olahan produk makanan yang lain untuk peningkatan gizi balita”. kata Dessy.

“Harapan kedepan pihak kelurahan untuk mendukung dan mengevaluasi secara berkesinambungan dalam prioritas masalah stunting dari segi bantuan sosial ataupun dana sosial”. ujar Dessy. (gil/humasmalahayatinews)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *