Karya Hasil Kolaborasi Dosen FIKES dan Fakultas Teknik mendapatkan Sertifikat Hak Cipta dari Kementrian Hukum dan Ham RI.

Universitas Malahayati. 21 Desember 2022. Karya Hasil Kolaborasi Dosen FIKES dan Fakultas Teknik mendapatkan Sertifikat Hak Cipta Kementrian Hukum dan Ham RI. Sertifikat Hak Cipta dengan Nomor pencatatan Ciptaan : C002022109976 (Klik Untuk download sertifikat) terbit pada Selasa malam tanggal 20 Desember 2022.

Karya yang didaftarkan berjudul :Optimalisasi Daun Kelor (Moringa oleifera) Sebagai Antioksidan Dalam Sediaan Teh Herbal Di Kelurahan Pinang Jaya.

Penulis: Ade Maria Ulfa, Dina Dwi Nuryani, Devi Oktarina dan  Natalina, merupakan Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan dan Dosen Fakultas Teknik Universitas Malahayati.

Berikut Uraian singkat dari Karya:

Hipertensi merupakan  penyakit tertinggi ke dua sebanyak 125 kasus di Kelurahan Pinang Jaya. Penatalaksanaan hipertensi dapat dilakukan dengan mengkonsumsi sayuran dan salah satunya adalah daun kelor (Moringa oleifera). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat Kelurahan Pinang Jaya dalam pemanfaatan daun kelor dan berwirausaha dalam membuat teh herbal antioksidan yang memiliki nilai jual. Metode yang digunakan adalah metode ceramah interaktif, pelatihan pembuatan teh daun kelor, pemasaran produk  wirausaha antioksidan serta pemanfaatan ampas teh daun kelor yang telah diseduh dapat dijadikan kompos dan lulur kecantikan. Alat ukur yang digunakan untuk peningkatan pengetahuan adalah kuesioner. Hasil kuesioner menunjukkn peningkatan pengetahuan masyarakat dari 41% menjadi 85% dengan tes kesukaan produk 80% masyarakat Kelurahan Pinang Jaya lebih menyukai bentuk sediaan teh celup dibandingkan teh tubruk karena lebih praktis.

Universitas Malahayati terus mengajak Dosen dan Mahasiswa untuk melindungi karya dan Produk yang dihasilkan dengan mendaftarkan Hak Cipta ke Kementrian Hukum dan HAM RI sebagai Pemberi perlindungan Kekayaan Intelektual di Indonesia. Semoga akan terus bertambah Sertifikat Hak Cipta yang dihasilkan dari Karya Dosen maupun Mahasiswa/i Universitas Malahayati.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *