Universitas Malahayati Kampus Swasta Terpopuler di Lampung dan Peringkat 26 Nasional Versi UniRank

BANDARLAMPUNG (malahayati.ac.id): Universitas Malahayati Bandarlampung menjadi Universitas Swasta terpopuler kedua di Provinsi Lampung tahun 2023 dan terpopuler ke-26 di Indonesia. Pemeringkatan ini berdasarkan perhitungan Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia, 4 International College and Universities (4ICU) UniRank.

Berdasarkan pemeringkatan UniRank, Universitas Malahayati juga berada pada peringkat 64 Universitas terpopuler se Indonesia. Dari 582 perguruan tinggi nasional baik negeri maupun swasta yang memenuhi kriteria seleksi tahun 2023.

Rektor Universitas Malahayati Bandar Lampung, Dr. Achmad Farich, dr., MM berterima kasih kepada semua pihak atas capaian prestasi sehingga Universitas Malahayati bisa masuk di dalam 100 besar Kampus terbaik dan terpopuler di Indonesia versi UniRank.

“Berkat semua pihak dan tingkat kepercayaan masyarakat kepada Universitas Malayahati, sehinnga kita dapat menjadi Kampus swasta terpopuler kedua di Provinsi Lampung dan ke-26 di Indonesia,” kata Achmad Farich, Senin (30/1/2023).

Dalam penilaian, UniRank memiliki metode tersendiri dengan menitik beratkan pada popularitas universitas berdasarkan data non-akademik, aktivitas dan popularitas website maupun media sosial lainnya yang menunjang publisitas pendidikan tinggi menjadi referensi UniRank dalam memberikan penilaian.

Sejak menjadi rektor pada 2019, Achmad Farich mencanangkan lima program dan kesepakatan bersama jajaran akademika universitas, dirinya tidak menyangka ternyata 5 program tersebut turut serta mendorong popularitas universitas versi pemeringkatan UniRank.

“Pada saat itu, saya tidak ada ambisi untuk perbaikan ranking, ambisi saya betul-betul bagaimana Universitas Malahayati menjadi universitas bermutu unggul dan berstandar internasional itu saja yang saya kejar. Tapi rupanya apa yang kami lakukan ini memang sangat sesuai bagi tadi untuk tim-tim penilaian dari UniRank ternyata mereka memang betul-betul mengharapkan proses data itu atau informasi yang diperoleh dengan mudah dari website atau sistem informasi yang dimiliki, nah itulah yang beberapa yang kita sudah kita lakukan,” katanya.

Rektor Achmad Farich menjelaskan, lima program tersebut diantaranya, yang pertama adalah perbaikan sistem informasi, memperbaiki dan meningkatkan sistem informasi secara bertahap bisa dilaksanakan oleh dosen bukan hanya di level fakultas dan program studi tetapi sampai bisa dilaksanakan oleh dosen di semua ruangan kuliah. Kedua adalah peningkatan kinerja dosen dengan menerapkan empat hal pertama adalah peningkatan jenjang akademik dosen sehingga dapat meningkatkan jenjang karir dosen, kedua adalah peningkatan pembelajaran, bagaimana dosen-dosen dilatih untuk bisa melaksanakan pembelajaran secara hybrid tatap muka maupun dengan menggunakan perangkat atau aplikasi dengan kuliah daring.

Kita latih seluruhnya dan sehingga dosen sudah antisipasi kalau-kalau nanti terjadi kesulitan mahasiswa atau si dosen juga terkendala karena kesehatan dan sebagainya perkuliahan tetap jalan sehingga untuk laporan kinerja dosen kegiatan akademik sama sekali tidak terganggu,” ujarnya.

Ketiga adalah peningkatan penelitian dosen, semua dosen wajib minimal dua kali dalam setahun perdosen dan menjadi bagian evaluasi standar penilaian kinerja dosen, dan keempat adalah peningkatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan dosen baik oleh dosen maupun dosen dan bersama dengan mahasiswa.

Program ketiga ialah melakukan pembenahan fasilitas sarana prasarana, terutama pemenuhan fasilitas sarana prasarana untuk praktikum yang mulai bisa terintegrasi secara online, keempat adalah publikasi ilmiah. Setiap dosen diharuskan melakukan penelitian dua kali dalam setahun kemudian hasil penelitian dipublikasikan.

“Karena sebagian besar publikasi ilmiah berbasis website, jadi mungkin ini salah satu memudahkan kepada UniRank  menilai ranking jadi lebih mudah,” ucap rektor.

Dan kelima adalah pemantapan sistem pelaporan disemua item kegiatan.  Menurut Achmad Farich pemantapan sistem laporan ini dapat memudahkan pemeroses informasi sehingga dapat lebih mudah diakses. Selama ini banyak laporan yang terpecah-pecah di masing-masih bidang, contohnya terkait kerjasama, sebelumnya sangat sulit mengakses karena harus mencari dulu siapa penanggungjawabnya dan lainnya, namun dengan pemantapan sistem pelaporan, semua informasi akan menjadi satu tersentran secara dengan sistem intgrated information.

“Itulah 5 Program yang kita jalankan, terutama perbaikan sistem informasi, karena secara kualitatif dari beberapa keluarga calon mahasiswa atau mahasiswa yang kita temui, mereka mengetahui kampus Universitas Malahayati mendapat informasi dari teman, keluarga, dan website serta media sosial setalah itu menggali lebih dalam dengan mengunjungi kampus,” terangnya.

Dalam mewujudkan Universitas terbaik dan terpopuler di Lampung dan Indonesia, Universitas Malahayati terus meningkatkan mutu lima program yang telah dicanagkan diatas, selain itu akan menambah keterlibatan para dosen dan mahasiswa di dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat dan memperbanyak kerjasama dengan pihak-pihak terkait baik pemerintah daerah dan swasta.

“Sekarang kita terus melakukan peningkatan pendidikan dosen dengan makin banyak mengirimkan dosen melanjutkan program pendidikan  S3 dan meningkatkan jenjang karirnya. Selain itu lebih melibatkan mahasiswa sesuai program pemerintah di dalam pendidikan tinggi salah satunya adalah merdeka belajar kampus merdeka ada di dalam merdeka belajar kampus merdeka ini mahasiswa akan banyak terlibat dengan magang dengan dunia industri dan dunia usaha,” ucapnya.

Metode pemeringkatan yang dilakukan oleh UniRank adalah dengan menggunakan 5 (lima) kompenen penilaian, antara lain:

  1. Moz Domain Authority, yakni UniRank menggunakan penilaian domain pencarian sebagai substansi penilaiannya.
  2. SimilarWeb Global Rank, UniRank menggunakan penilaian yang lebih spesifik dan komprehensif melalui SimilarWeb Global Rank dimana peringkat dihitung berdasarkan campuran perkiraan tentang pengunjung unik pada setiap bulan situs dan tampilan halaman bulanan di desktop dan traffic pada web seluler.
  3. Majesting Referring Domains, UniRank melakukan penilaian berdasarkan parameter kualitas backlink (URL Webpages) dan citation flow (penilaian kuantitas link
  4. Majestic Trust Flow, Selanjutnya UniRank menggunakan pengukuran ini untuk digunakan dalam menentukan ambang batas kepercayaan publik terhadap pemeringkatan domain.

Berikut daftar 30 Universitas Swasta terpopuler di Indonesia versi UniRank 2023 :

  1. Universitas Bina Nusantara
  2. Universitas Telkom
  3. Universitas Teknokrat Indonesia
  4. Universitas Gunadarma
  5. Universitas Islam Indonesia
  6. Universitas Muhammadiyah Malang
  7. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  8. Universitas Dian Nuswantoro
  9. Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka
  10. Universitas Mercu Buana
  11. Universitas Medan Area
  12. Universitas Ahmad Dahlan
  13. Universitas Muhammadiyah Surakarta
  14. Universitas Kristen Petra
  15. Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  16. Universitas Pamulang
  17. Universitas Islam Malang
  18. Universitas Esa Unggul
  19. Universitas Sanata Dharma
  20. Universitas Surabaya
  21. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  22. Universitas Katolik Parahyangan
  23. Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  24. Universitas Komputer Indonesia
  25. Universitas Katolik Soegijapranata
  26.  Universitas Malahayati
  27. Universitas Kristen Satya Wacana
  28. Universitas Bina Sarana Informatika
  29. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  30. Universitas Islam Bandung

Demikian daftar 30 PTS terbaik di Indonesia tahun 2023 versi UniRank. Perlu diketahui, setiap lembaga pemeringkatan menggunakan kriteria penilaian berbeda-beda.

Raih masa depan dan cita-citamu dengan melanjutkan pendidikan di Universitas Malahayati Bandarlampung. (gil/humasmalahayatinews)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *