Prodi Farmasi Universitas Malahayati Gelar Seminar Internasioanal “Hybrid International Forum On Pharmacy and Medical Treatment”

BANDARLAMPUNG (malahayati.ac.id): Program Studi (Prodi) Farmasi Universitas Malahayati Bandarlampung menyelenggarakan Seminar Internasional “Hybrid International Forum On Pharmacy And Medical Treatment” dan Lomba Poster Karya Tulis Ilmiah Internasional bagi mahasiswa farmasi.

Kedua kegiatan ini dilaksanakan secara bersamaan pada Selasa, 21 Maret 2023 yang menghadirkan 10 pembicara dari 4 Negara yaitu, Indonesia, India, Filipina dan Malaysia. Tema yang diangkat pada acara ini yaitu, “ Global Pharmaceutical Industry And Development On Health Service”.

Turut hadir dalam seminar Rektor Universitas Malahayati Dr. Achmad Farich, dr., MM, Wakil Rektor III,  Dr.Eng Rina Febrina, ST.,MT, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, serta jajaran dosen Farmasi.

Ka.Prodi Farmasi Universitas Malahayati, apt. Ade Maria Ulfa., M. Kes, mengatakan “Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan informasi dalam menghadapi permasalahan-permasalahan kesehatan dibidang industri yang terintegrasi pada pelayanan kefarmasian di masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup pasien”.

“Kedepannya seminar sejenis ini dapat tetap terlaksana dengan mengangkat isu-isu terkini dalam bidang farmasi dan kesehatan”. tambahnya.

Materi diberikan oleh Raykar Meghana Hiraman. M. Pharm ( HSBPVT’s, India), apt. Vania Amanda Samor., M. Pharm.S.ci (Prodi Farmasi Unmal, Indonesia), DR. Vijay  Mahajan,. Pharm, Ph.D (SMBT, India), DR. Paulo Martin Villanueva (Philipina), Dr. Tessa Sjahriani, dr., M.Kes (Indonesia), Vicko Suswidiantoro M.Pharm (Indonesia), Endah Ratnasari Mulatasih M.Si (Indonesia), Apt. Tantri Liris Nareswari S.Farm.,M.S.Farm (Indonesia), Apt. Novita Sari, S.Farm., M.Farm (Indonesia), Intan Barul Akma Bakhtiar, Ph.D (Malaysia)

Seminar diikuti oleh peserta sebanyak 204 peserta terdiri dari 196 peserta reguler dan presenter poster 8 orang (5 orang dari Indonesia, 2 orang dari India dan 1 orang dari philipina).

Kegiatan lomba poster menghadirkan juri dari ITERA (Institut Teknologi Sumatra), UTB (Universitas Tulang Bawang), UAP (Universitas Aisyiah Pringsewu), Universitas Malahayati, dan Poltekkes Tanjung Karang, dan dimenangkan oleh 3 Institusi yaitu ; HSBPTV  India mendapat Juara I, Prodi Farmasi Universitas Malahayati Juara II dan Prodi Farmasi UAP Juara III.

Dalam sambutan penutupan seminar internasional ini, Rektor Universitas Malahayati Dr. Achmad Farich, dr.,MM memaparlan Era modern ini membutuhkan kolaborasi dan inovasi di bidang farmasi dan pelayanan medis.

“Peran apoteker dan dokter sangat penting mengembangkan industri farmasi dan pelayanan kesehatan”. ujarnya

Tak lupa pula Rektor pun, mengucapkan terima kasih untuk semua

presenter di forum Internasional dan semua siswa yang telah menyampaikan presentasi.

“Saya harap forum Internasional tentang farmasi dan perawatan medis ini

dapat dilanjutkan untuk kedepannya menjadi International Conference on

Farmasi dan Perawatan Medis”. tandasnya. (gil/humasmalahayatinews)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *