UPT Balai Bahasa Universitas Malahayati Menjadi Test Center TOEFL ITP® dengan Layanan Terlengkap di Lampung

BANDARLAMPUNG (malahayati.ac.id): Kabar baik bagi masyarakat Lampung yang hendak mengambil ujian TOEFL ITP® sertifikat dari Education Testing Program (ETS). TOEFL ITP® adalah singkatan dari Test of English as Foreign Language Institutional Testing Program merupakan ujian kompetensi Bahasa Inggris yang berstandar internasional dan bisa digunakan untuk memenuhi persyaratan melamar beasiswa, kelulusan dari kampus, dokumen sertifikasi dosen, melamar pekerjaan dan beberapa persyaratan lainnya. Kalangan yang membutuhkan dokumen sertifikat TOEFL ITP® antara lain mahasiswa, dosen, aparatur sipil negara, karyawan/ti swasta dan masyarakat umum.

UPT Balai Bahasa Universitas Malahayati sejak Agustus 2022 sudah menjadi Test Center ujian TOEFL ITP® setelah bekerja sama dengan Indonesian International Education Foundation (IIEF) Jakarta selaku Country Master Distributor (distributor utama) TOEFL ITP® dari ETS Amerika Serikat. Baru – baru ini layanan tes TOEFL ITP® yang diselenggarakan di UPT Balai Bahasa sudah ditambah dengan jenis layanan baru yaitu ujian TOEFL ITP® Digital atau online.

Sebagaimana diketahui bahwa penyelenggaraan ujian TOEFL ITP® terdiri dari dua jenis, yaitu berbasis kertas (paper based) dan daring (digital/online). Ujian berbasis kertas ialah ujian dimana peserta menjawab di kertas menggunakan pensil 2B dan harus hadir di lokasi test center. Sedangkan pada tes daring, peserta bisa memilih melaksanakan di test center atau di rumah masing – masing.

Muhammad Rudy, M.Pd. selaku kepala UPT Balai Bahasa Universitas Malahayati bersyukur dengan ijin yang diberikan oleh IIEF Jakarta, hal ini bisa menjadi solusi bagi masyarakat Lampung yang hendak mengikuti ujian namun terkendala dengan jarak tempuh ke Bandar Lampung. Sebagai contoh jika peserta yang berasal dari Kabupaten Lampung Barat bisa menghemat waktu dan tenaga agar lebih focus mempersiapkan tes ketimbang kehabisan kesempatan belajar diperjalanan. Selain itu Rudy juga merasa bangga karena IIEF Jakarta memberikan kepercayaan tersebut kepada lembaganya, karena Test Center harus memenuhi beberapa criteria terlebih dahulu untuk bisa menyelenggarakan ujian secara daring.

Selaras dengan yang disampaikan Rudy, Ibu Wiati Rahayu selaku Testing Manager dari IIEF Jakarta mengamini pernyataan tersebut. Ia menjelaskan Test Center yang hendak menyelenggarakan ujian daring harus setidaknya sudah menyelenggarakan ujian berbasis kertas lebih dari lima kali. Selain itu Test Center yang sudah memenuhi criteria pertama diwajibkan mengikuti pelatihan yang dipandu oleh IIEF langsung. Tim UPT Balai Bahasa Universitas Malahayati termasuk progresif dan kooperatif sehingga semua kriteria yang ditetapkan dapat terlampaui dengan baik.

Sebagai informasi, sejak akhir Januari hingga awal Februari 2023 pelatihan penyelenggaraan ujian daring dibimbing oleh tim IIEF sebanyak dua kali. Hariyanto, M.Pd. selaku Koordinator TOEFL ITP® UPT Balai Bahasa Universitas Malahayati menyatakan pelatihan yang diberikan sangat berguna dan relevan sehingga pada saat tes perdana bisa berjalan lancar. Tes daring pertama dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2023 dengan kendala yang minimal. Hariyanto menambahkan teknologi yang diterapkan dalam pelaksanaan ujian termasuk canggih sehingga memudahkan pengawas dimana program yang digunakan untuk ujian sudah bisa merekam seluruh aktifitas peserta sejak awal hingga akhir ujian.

Untuk memaksimalkan pengawasan, UPT Balai Bahasa Universitas Malahayati tetap menjalankan pengawasan melalui video conference Zoom guna meminimalisir potensi kecurangan. Hal ini sudah sesuai dengan panduan yang diberikan oleh IIEF. Tujuannya yaitu demi menjaga kualitas ujian sehingga hasil yang didapat bisa memberikan gambaran yang sebenarnya untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris peserta.

UPT Balai Bahasa Universitas Malahayati juga memberikan bimbingan belajar bagi peserta ujianTOEFL ITP®. Berdasarkan pengamatan, banyak peserta tes yang terkendala dengan rasa percaya diri untuk mengikuti tes. Hal ini bisa dimaklumi karena biasanya peserta pernah belajar Bahasa Inggris namun bukan terkait dengan materi yang akan diujikan. Untuk membantu mempersiapkan ujian, UPT Balai Bahasa Universitas Malahayati menerjunkan para pengajar berkompetensi tinggi yang berpengalaman mencapai nilai lebih dari 500. Dengan metode pengajaran yang inovatif, diharapkan para peserta tes bisa memperoleh nilai maksimal.

Sebagai penutup, Muhammad Rudy berharap dengan adanya layanan lengkap dari UPT Balai Bahasa Universitas Malahayati ini semakin banyak masyarakat di Provinsi Lampung memanfaatkannya guna meningkatkan peluang meraih cita – cita yang lebih tinggi lagi. Adapun bagimasyarakat yang hendak memanfaatkan layanan ini, bisa menghubungi kontak UPT Balai Bahasa Universitas Malahayati di nomor telpon 0721 271115 atau Handphone/WhatsApp 0821-8114-9282. Selain itu bisa juga dihubungi lewat email di lc@malahayati.ac.id. Untuk informasi terbaru dan layanan lainnya bisa diikuti di Instagram @uptbalaibahasaunmalatau website https://lc.malahayati.ac.id/ (gil/humasmalahayatinews)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *